Selasa 25 Aug 2020 04:17 WIB

Pertamina-Rumah Zakat Gelar Pelatihan Manajemen Kualitas Air

Pelatihan pengukuran kualitas air laut untuk budidaya ikan pada keramba

Pos Amanah PT Pertamina Fuel Terminal Medan Group gandeng Rumah Zakat melaksanakan pelatihan pengukuran kualitas air laut untuk budidaya ikan pada keramba.
Foto: Rumah Zakat
Pos Amanah PT Pertamina Fuel Terminal Medan Group gandeng Rumah Zakat melaksanakan pelatihan pengukuran kualitas air laut untuk budidaya ikan pada keramba.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pos Amanah PT Pertamina Fuel Terminal Medan Group melaksanakan pelatihan pengukuran kualitas air laut untuk budidaya ikan pada keramba. Kegiatan pelatihan diikuti oleh kader posyandu, pengelola keramba Ayah Amanah dan beberapa masyarakat Kampung Nelayan Medan yang memiliki keramba.

Materi pada pelatihan kali ini disampaikan oleh Ira Custiana penyuluh pertanian perikanan dan kehutanan yang bertugas di Kecamatan Medan Belawan dan sekitarnya. Para peserta pelatihan diajarkan cara mengukur kualitas air berdasarkan beberapa parameter diantaranya suhu, salinitas, disolved oxygen, ph, kecerahan, senyawa nitrogen, fosfat dan amonia.

Baca Juga

Hal ini sangat penting karena air merupakan hal yang paling utama dalam kegiatan budidaya yang merupakan media hidup organisme yang dibudidayakan. Para peserta sangat antusias karena mendapatkan ilmu baru sekaligus dan belajar menggunakan beberapa alat seperti termometer air utk mengukur suhu, refraktometer untuk mengukur kadar garam, dan kertas lakmus untuk mengukur ph air .

Syafrudin salah satu peserta pelatihan merasa sangat senang mengikuti pelatihan ini karena mendapat tambahan ilmu untuk melihat kualitas air laut di keramba ikan.

photo
Pos Amanah PT Pertamina Fuel Terminal Medan Group gandeng Rumah Zakat melaksanakan pelatihan pengukuran kualitas air laut untuk budidaya ikan pada keramba. - (Rumah Zakat)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement