Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

42 Tahun BPPT Ingin Lanjutkan Cita-Cita Habibie

Selasa 25 Aug 2020 00:18 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andri Saubani

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza.

Foto: Republika/Haura Hafizhah
BPPT ingin Indonesia sejajar dengan negara maju lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza mengatakan, pihaknya akan terus melanjutkan cita-cita Presiden ketiga RI yang juga pendiri BPPT, B.J Habibie. Hal itu dikatakannya dalam perayaan hari jadi BPPT ke-42, Senin (24/8).

"Beliau berpesan, jangan pernah berhenti berjuang sampai kita masuk ke dimensi yang lain," kata Hammam, saat memberikan sambutannya, disiarkan melalui Youtube, dipantau di Jakarta, Senin (24/8).

BPPT berpandangan, transformasi Indonesia menjadi negara maju berbasis pada inovasi teknologi tidak hanya diperjuangkan pada masa lalu dan dilakukan pada saat ini. Namun, transformasi tersebut akan terus dilakukan untuk melangkah di masa depan.

"Kami dari BPPT akan terus melanjutkan cita-cita mulia beliau, menjadikan Indonesia mampu sejajar dengan negara maju lainnya, terutama dalam penguasaan dan pendayagunaan teknologi," kata Hammam menambahkan.

Ia melanjutkan, UU Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek) menjadi tonggak sejarah penting dalam pembangunan Iptek di Indonesia. Adanya UU Sisnas Iptek semakin memperkokoh BPPT sebagai lembaga riset dan inovasi.

"BPPT mempunyai tujuh peran strategis yaitu perekayasaan, audit teknologi, kliring teknologi, alih teknologi, intermediasi teknologi, difusi iptek, dan komersialisasi teknologi," kata dia lagi.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA