Senin 24 Aug 2020 12:30 WIB

Cedera Marquez Jadi Hasilkan Peluang Bagi Pembalap Lain

Marquez yang masih absen membuat para pembalap lain bisa berkembang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pembalap KTM, Miguel Oliviera meraih kemenangan di GP Styria, Austria, Ahad (23/8).
Foto: EPA/JOE CASTRO
Pembalap KTM, Miguel Oliviera meraih kemenangan di GP Styria, Austria, Ahad (23/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SPIELBERG -- Setidaknya ada tiga pembalap yang akhirnya merasakan manisnya berada di podium teratas di kelas utama di pentas MotoGP pada musim ini. Terakhir, pembalap Red Bull KTM Tech3, Miguel Oliveira, menjadi yang tercepat di sesi balapan GP Styria pada seri kelima MotoGP musim ini, Ahad (23/8) malam WIB.

Selain menjadi kemenangan pertama Oliveira di kelas utama, keberhasilan finish tercepat di Sirkuit Red Bul Ring itu membuat pembalap berusia 25 tahun itu menjadi joki kuda besi asal Portugal pertama yang mampu meraih gelar juara dalam sebuah seri di kelas utama MotoGP.

Terlebih, kemenangan Oliviera itu pun berlangsung begitu dramatis. Runner-up kelas Moto2 musim 2018 itu melakukan double overtake di tikungan terakhir pada lap terakhir sesi balapan di GP Styria.

Terus mengintai dari peringkat ketiga, Oliveira akhirnya mampu melewati dua pembalap di depannya, yaitu rider Ducati Pramac, Jack Miller, dan penggawa Red Bull KTM Factory Racing, Pol Espargaro.

''Ada begitu banyak alasan untuk saya begitu bahagia pada hari ini. Ini menjadi kemenangan pertama buat saya di kelas utama, dan kemenangan pertama KTM di sirkuit Red Bull. Benar-benar merasa bahagia, tidak hanya buat saya, tapi juga buat seluruh warga Portugal,'' kata Oliveira seusai balapan seperti dilansir NBC Sports, Senin (24/8).

Oliveira tercatat menjadi pembalap ketiga yang mencatatkan kemenangan perdana di kelas utama di kancah MotoGP. Sebelumnya, pebalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, menjadi yang tercepat di dua seri awal.

Kemudian pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, yang menjadi juara di sesi balapan GP Ceko, dua pekan lalu. Binder menjadi pembalap asal Afrika Selatan pertama yang meraih podium tertinggi di sesi balapan di kelas utama MotoGP.

Meski tidak menyebut secara spesifik alasannya terjadinya kondisi ini, tapi Oliveira menilai, cedera yang menimpa juara bertahan MotoGP, Marc Marquez, membuat semua pembalap merasa memiliki kesempatan untuk bisa menang.

Marquez sendiri mengalami cedera patah lengan setelah terjatuh di seri pembuka MotoGP musim ini, di GP Andalusia. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu pun diprediksi baru bisa benar-benar pulih pada dua atau tiga bulan mendatang.

''Mungkin tidak ada alasan yang spesifik, tapi saya kira, saat Marquez mengalami cedera, semua pembalap merasa punya peluang untuk menang. Bahkan, setiap pebalap kini punya peluang yang sama-sama terbuka untuk bisa menjadi juara MOtoGP musim ini,'' kata Oliveira.

Di klasemen sementara pembalap, Quartararo masih berada di urutan teratas dengan koleksi 70 poin. Sementara posisi kedua ditempati oleh rider Mission Winnows Ducati, Andrea Dovizioso, dengan hanya terpaut tiga poin dari Quartararo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement