Senin 24 Aug 2020 07:39 WIB

Perpisahan Pilu Thiago Silva Bersama PSG

Kontrak Silva habis bulan ini di PSG

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten PSG, Thiago Silva dipeluk oleh pelatih Les Parisiens Thomas Tuchel setelah kekalahan di final Liga Champions, Senin (24/8).
Foto: EPA-EFE/Matt Childs
Kapten PSG, Thiago Silva dipeluk oleh pelatih Les Parisiens Thomas Tuchel setelah kekalahan di final Liga Champions, Senin (24/8).

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Bek tengah asal Brasil, Thiago Silva, harus mengakhiri kiprahnya bersama Paris Saint Germain (PSG) dengan begitu tragis. PSG dibekap Bayern Muenchen, 0-1, di partai puncak Liga Champions, Senin (24/8) dini hari WIB.

Lewat gol semata wayang Kingsley Coman pada menit ke-58, PSG harus mengakui keunggulan Die Bayern dalam laga yang digelar di Stadion Da Luz, Lisbon, tersebut. Padahal, mampu berada di partai final merupakan prestasi terbaik Les Parissien di pentas Liga Champions di sepanjang sejarah klub. 

Tidak hanya itu, kekalahan ini pun membuat Les Parissien gagal melengkapi raihan gelar juara setelah sukses menyapu bersih semua titel domestik sepak bola Prancis pada musim lalu, mulai dari titel Ligue 1, Coupe de France, hingga Coupe de La Ligue.

Kegagalan ini pun terasa begitu menyakitkan buat Silva. Itu karena, laga kontra Muenchen merupakan pertandingan terakhir mantan bek tengah AC Milan itu bersama Silva. 

Kontrak bek tengah berusia 35 tahun itu bersama PSG akan habis pada akhir bulan ini. Setelah delapan musim mengenakan seragam PSG, Silva akhirnya harus pergi dengan meninggalkan luka lantaran belum berhasil membawa PSG ke tangga juara kompetisi paling elit antar klub Eropa.

''Itu adalah laga terakhir saya bersama PSG. Tentu saja, saya begitu sedih dan terluka akibat kekalahan ini. Saya meminta maaf sekaligus berterima kasih kepada seluruh suporter PSG, yang telah mendukung tim ini,'' tutur Silva seusai laga seperti dilansir laman resmi UEFA, Senin (24/8).

Kendati harus mengakhiri kiprahnya bersama PSG, tapi Silva berharap bisa kembali mengabdi buat Les Parissien pada masa-masa mendatang dengan peran yang berbeda. 

''Saya akan kembali ke Paris, ke klub yang saya cintai, mungkin dengan peran dan posisi yang berbeda,'' ujar bek tengah timnas Brasil tersebut. 

Hingga kini, Silva belum menemukan klub baru. Sejumlah klub asal Inggris, terutama Chelsea, digadang-gadang siap menampung mantan bek tengah Fluminense tersebut. 

Silva mengungkapkan, meski kiprahnya bersama PSG telah berakhir, tapi dirinya masih memiliki ambisi untuk bisa tampil di level tertinggi setidaknya dalam tiga hingga empat tahun lagi. 

Target untuk memperkuat Brasil dan tampil di Piala Dunia 2022 menjadi target yang dicanangkan pemain yang direkrut PSG dengan nilai transfer mencapai 24 juta euro pada 2012 tersebut. 

''Saya masih ingin terus merumput tiga hingga empat tahun lagi. Selain itu, saya juga ingin masih tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar,'' kata Silva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement