Senin 24 Aug 2020 06:16 WIB

Putra Risma Siap Menangkan Jagoan Sang Ibu di Surabaya

Hingga kini, memang belum ada partai yang merekomendasi untuk bekal Eri maju pilkada.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agus Yulianto
Putra sulung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Fuad Bernardi.
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Putra sulung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Fuad Bernardi.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kelompok anak muda yang tergabung dalam Gerakan Arek Suroboyo (GAS) menggelar deklarasi dukungan kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Eri Cahyadi untuk maju pada Pilwali Surabaya 2020. Kelompok tersebut digawangi putra Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, yakni Fuad Bernardi.

Eri Cahyadi memang disebut-sebut sebagai anak emas kesayangan Risma, yang dirasa mempu meneruskan tongkat kepemimpinannya di Kota Pahlawan. Hingga kini, memang belum ada partai yang menurunkan rekomendasi untuk bekal Eri maju Pilwali Surabaya 2020. Namun, Eri disebut-sebut menjadi pilihan utama PDI Perjuangan, yang hingga kini belum mengumumkan dukungan.

Menurut Fuad, Eri adalah sosok yang tepat untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Risma. Selain karena memahami tujuan dan cita cita pembangunan Surabaya, Eri juga diakuinya memahami betul bagaimana program Risma selama ini.

"Sehingga, secara strategis maupun teknis, Eri Cahyadi sangat ideal menjadi Wali Kota Surabaya ke depan," kata Fuad di Surabaya, Ahad (23/8).

Fuad mengatakan, pembangunan di Kota Surabaya menunjukkan kinerja yang membanggakan, dimana saat ini telah diakui banyak pihak. Program-program prorakyat hingga perwujudan pemerintahan yang bersih berbasis teknologi informasi, menurutnya telah membawa Kota Surabaya berkelas dunia dan mampu mensejahterakan warganya.

”Maka apa yang sudah baik harus diteruskan. Surabaya membutuhkan pemimpin dengan kemampuan teknoratik yang teruji, plus punya jiwa kerakyatan. Dan itu sudah ada di sosok Pak Eri,” ujarnya. 

Fuad mengatakan, pengalaman Eri sebagai birokrat yang ikut mengeksekusi program-program inovatif Pemkot Surabaya menunjukkan kemampuan teknokratiknya mumpuni. Kemudian, banyak pula program prorakyat yang dikawal Eri. Mulai pemerataan pembangunan infrastruktur untuk warga, pembukaan lapangan kerja, hingga program-program sosial untuk warga kurang mampu.

Fuad mencontohkan salah satu program yang berhasil dijalankan Eri Cahyadi. Di antaranya mencetuskan program Surabaya Smart City (SSC) yang membuat 500 kampung di Kota Pahlawan memiliki produk unggulan bernilai ekonomi agar bisa menyerap tenaga kerja mulai dari level kampung.

”Kini saatnya kita semua bergerak memastikan Surabaya ke depan semakin maju, semakin pro wong cilik, sebagaimana kebijakan Bu Risma selama ini,” kata Fuad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement