Senin 24 Aug 2020 00:49 WIB

Pandemi Covid-19, Ketahanan Keluarga Perlu Diperkuat

Mahasiswa KKN-T IPB University gelar sosialisasi ketahanan keluarga.

Pembukaan kegiatan sosialisasi  ketahahan keluarga yang diadakan mahasiswa KKN-T IPB  oleh Sekretaris PKK Kelurahan Lebak Siliwangi.
Foto: Dok IPB University
Pembukaan kegiatan sosialisasi ketahahan keluarga yang diadakan mahasiswa KKN-T IPB oleh Sekretaris PKK Kelurahan Lebak Siliwangi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kelompok mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) University  yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik IPB (KKN-T IPB) di Kelurahan Lebak Siliwangi, Bandung  mengajak kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk lebih peduli terhadap ketahanan keluarga di tengah pandemi Covid-19. Hal itu dilakukan  melalui sosialisasi pelaksanaan peran dan fungsi keluarga yang tepat. 

Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) peran dan fungsi keluarga terbagi menjadi delapan yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan. 

“Penerapan kedelapan fungsi keluarga ini akan membantu keluarga lebih digdaya dan bertahan selama masa pandemi melanda,” kata  Fadilla Marrizka Laily, salah satu mahasiswa KKN-T IPB dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (20/8).

photo
Mahasiswa KKN-T IPB dan PKK Kelurahan Lebak Siliwangi saat sesi grup diskusi.  (Foto: Dok IPB University)

Ia menjelaskan, guna mendukung penerapan peran dan fungsi keluarga yang tepat, mahasiswa KKN-T IPB melakukan sosialisasi pada 28 Juli 2020 kepada kader PKK Kelurahan Lebak Siliwangi secara langsung di aula kelurahan. 

“Materi yang disampaikan berisikan peran yang tepat dari setiap fungsi keluarga guna mendukung berkurangnya penyebaran Covid-19 serta tips-tips yang dapat dilakukan dalam menerapkan adaptasi kebiasaan baru terutama mengenai kegiatan mendampingi pembelajaran anak di rumah,” ujarnya. 

Ia mengemukakan, kegiatan berlangsung kondusif dan kader PKK sangat aktif saat sesi diskusi berlangsung. Ibu Djadja selaku wakil ketua PKK Kelurahan Lebak Siliwangi berharap sosialisasi terkait keluarga dapat terus dilakukan. “Hal itu  guna mendukung seluruh keluarga di Kelurahan Lebak Siliwangi sampai keluarga diseluruh Indonesia digdaya, tahan dan saling mendukung ketika bencana ataupun hal lain melanda,” tuturnya.

Ibu Djadja menambahkan harapan untuk seluruh masyarakat Indonesia bisa menyadari dan melaksanakan perannya melalui pentingnya fungsi keluarga jika diterapkan dengan tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement