Senin 24 Aug 2020 00:34 WIB

Kontes Putera-Puteri Padi Jabar Cetak Influencer Pertanian

Seluruh finalis diharapkan Jadi Duta dan Influencer pertanian Indonesia.

Para pemenang Putera-Puteri Padi Jawa Barat 2020.
Foto: Dok The Queen Mother Management
Para pemenang Putera-Puteri Padi Jawa Barat 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT --  The Queen Mother Management sebagai sebuah management dan kelas kontes kecantikan di Indonesia melaksanakan acara Malam Penganugerahan Putera-Puteri Padi Jawa Barat 2020, Rbu (19/8).

Bertempat di Villa Ciparay Indah, Kabupaten Garut sebanyak 30 finalis -- terdiri dari 16 putera dan 14 puteri --  beradu gagasan, penampilan, konsep kerja dan aksi pertanian. Acara dihadiri oleh Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut, Komite Nasional Pemuda Indonesia dan Organisasi Duta Kepemudaan se-Jawa Barat. 

Siaran pers yang diterima Republika.co.id menyebutkan, malam penganugerahan diadakan dengan konsep sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan dan hanya dihadiri 62 orang penonton. Format acara ini adalah tanya jawab dan peragaan busana bertema alam serta promosi produk UMKM pangan di Jawa Barat. 

Pada kesempatan kali ini, acara dinilai oleh sejumlah dewan juri seperti Ir  Beni Yoga Gunasantika MP (kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut), Rizqi Ghassani  MIKom (wakil Ketua DPD KNPI Jawa Barat), Putri Ayu Silmi Afifah Ssos (Puteri Padi Indonesia 2019 dan  Event Director), dan Maret Pujiasih (Supervisor Promosi Inez Cosmetics Jawa Barat).

Sebelumnya seluruh finalis telah dinilai melalui karantina virtual yang dilaksanakan sejak Mei 2020. Karantina virtual berisi materi pelatihan pertanian, seni budaya, public speaking, personal branding serta tantangan tanya jawab yang dibuat di Instagram bersama sejumlah tokoh publik dan selebriti. 

Zam Ibraz, founder Putera Puteri Padi mengatakan, ajang ini merupakan pencarian dan pembinaan generasi muda yang memiliki minat terhadap dunia pertanian. “Kami berharap seluruh finalis dapat menjadi Duta dan Influencer pertanian Indonesia,” ujaarnya.

Ia menambahkan, setelah pelaksanaan ajang ini, seluruh finalis dan utamanya pemenang akan dibina menjadi Influencer yang secara sukarela akan mempromosikan hasil pertanian para petani, khususnya di Jawa Barat. 

Edisi ke 3 Pemilihan Putera-Puteri Padi Jawa Barat ini diadakan dengan fokus kampanye hasil produk UMKM pangan. Seluruh finalis dilatih menjadi marketing pertanian yang baik dan menarik serta menguasai strategi promosi. “Harapannya mereka dapat terjun ke masyarakat dan membantu petani mempromosikan serta menjual produk hasil pertanian,” tuturnya.

Zam mengemukakan, juara pertama  ajang Pemilihan Putera-Puteri Padi Jawa Barat 2020 berkesempatan mewakili Jawa Barat ke ajang Putera-Puteri Padi Indonesia 2020 yang akan dilaksanakan pada 2 - 4 Oktober di Kabupaten Bekasi.

Pemenang Putera-Puteri Padi Jawa Barat 2020 adalah: Putera Padi Jawa Barat 2020 - Rimba Basuki, dan Puteri Padi Jawa Barat 2020 - Sahwa Azhari. 

Dewan juri juga memutuskan Putera Padi Intelegensia Jawa Barat 2020 dan Puteri Padi Intelegensia Jawa Barat 2020. Juga Putera Padi Media Sosial Jawa Barat 2020 dan Puteri Padi Media Sosial Jawa Barat 2020; Putera Padi Terfavorit 2020 dan Puteri Padi Terfavorit 2020; serta Putera Padi Photogenic 2020 dan Puteri Padi Photogenic 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement