Ahad 23 Aug 2020 16:05 WIB

Jelang Akhir Libur Panjang, Perkantoran di DKI Didisinfeksi

Proses disinfekasu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19

Rep: Amri Amrullah/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas Pemadam Kebakaran menyemprotkan cairan disinfektan (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas Pemadam Kebakaran menyemprotkan cairan disinfektan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang berakhirnya libur panjang Hari Kemerdekaan dan Tahun Baru Islam pekan ini, beberapa perkantoran pemerintahan di DKI Jakarta disemprot disinfektan sebelum Senin (24/8) aktivitas kantor kembali berkegiatan.

Salah satunya Komplek Perkantoran Wali Kota Jakarta Utara. Seluruh ruangan di Kompleks Perkantoran Wali Kota Jakarta Utara disemprot cairan disinfektan. Penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai upaya mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19.

Baca Juga

Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Bagian Umum Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Utara, Ahmad Syarif mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan ini juga sebagai persiapan menjelang kembalinya aktivitas pegawai usai libur panjang pada Senin (24/8) besok.

"Sesuai arahan Pak Wali Kota, walau situasi libur panjang tetap harus menjaga kesehatan. Kita lakukan sterilisasi sebagai persiapan kembalinya aktivitas besok," ujarnya, Ahad (23/8).

Syarif menyebutkan, sasaran penyemprotan cairan disinfektan kali ini meliputi Blok P (Gedung Utama), Blok Q (Balai Yos Sudarso), Blok M (Masjid), Blok T (Gedung Parkir), Blok S (Kantor PTSP), Blok R dan Blok U. "Ini merupakan kegiatan rutin kita apabila ada libur panjang. Tiap sore kami rutin menyemprot cairan disinfektan di seluruh lantai gedung," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Abdul Wahid menambahkan, penyemprotan cairan disinfektan ini melibatkan 25 personel yang dibagi menjadi beberapa tim.

Masing-masing tim bertugas menyemprot cairan disinfektan pada dua lantai gedung dengan menggunakan alat semprot. Sedangkan untuk di luar gedung, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan dengan dua unit mobil pompa. "Prinsipnya yang kami semprot itu selain lantai juga benda yang sering disentuh. Karena penyebaran Covid-19 juga menyebar dari manusia ke manusia melalui sentuhan dari benda," terangnya.

Selain kawasan perkantoran Wali Kota Jakarta Utara, penyemprotan disinfektan jelang berakhirnya libur panjang sepekan ini juga dilakukan di Kantor Samsat Jakarta Timur. Kantor Samsat Jakarta Timur kembali disemprot cairan disinfektan oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur.

Kepala Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (UP PKB BBNKB) Jakarta Timur, Iwan Syaefuddin mengatakan, sama seperti penyemprotan sebelumnya, penyemprotan kali ini juga dilakukan di seluruh ruangan dan area kantor.

Misalnya, lobby utama, ruang tunggu, ruang pelayanan, tangga, toilet, area parkir, drive thru, tempat cek fisik kenderaan dan area lainnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan penyemptotan di kantor UPPRD Kecamatan Jatinegara dan Kecamatan yang ada di area tersebut. "Penyemprotan ini dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19," ujarnya. Menurutnya, penyemprotan disinfektan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pegawai maupun wajib pajak.

Sementara, Kepala Seksi Humas dan Komunikasi PMI Jakarta Timur, Agus Bastian menambahkan, penyemprotan dilakukan sebagai tindaklanjut permintaan dari pihak Samsat Jakarta Timur. "Penyemprotan kali ini kami mengerahkan sebelas personel dan dua mobil tangki," paparnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement