Ahad 23 Aug 2020 07:28 WIB

Ingin Juara Liga Champions Jadi Alasan Willian ke Arsenal

Arsenal belum pernah menjuarai Liga Champions.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Willian Borges.
Foto: Dok: IG Willian.
Willian Borges.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Usai negosiasi perpanjangan kontrak dengan Chelsea mengalami jalan buntu, Willian akhirnya lebih memilih hengkang dari The Blues dan bergabung bersama Arsenal. Winger asal Brasil itu sepakat dengan sodoran kontrak berdurasi tiga tahun dari tim asal London Utara tersebut.

Atas alasan ini pula, winger berusia 32 tahun itu memilih menerima pinangan The Gunners. Tidak hanya itu, mantan winger Shakhtar Donetsk itu juga terkesan dengan ambisi pelatih Arsenal, Mikel Arteta, terkait target yang ingin dicapai The Gunners dalam tiga tahun mendatang.

''Salah satu alasan saya ingin bergabung dengan Arsenal adalah tawaran tiga tahun kontrak dari mereka. Saya tidak ingin menjadi pemain yang berlalu begitu saja. Saat saya berbicara dengan Arteta, dia mengungkapkan alasannya mengontrak saya selama tiga tahun. Pertama adalah kembali tampil di Liga Champions, dan kemudian berusaha menjuarainya di sisa kontrak saya. Ini yang saya ingin dengar,'' tutur Willian kepada The Sun, Ahad (23/8).

Pada musim lalu, Arteta gagal membawa Arsenal tampil di Liga Champions musim depan lantaran hanya mampu finish di peringkat kedelapan Liga Primer Inggris. The Gunners terpaut 10 poin dari empat besar Liga Primer Inggris musim lalu. Namun, Arteta sukses mempersembahkan titel Piala FA meski belum genap semusim menukangi The Gunners. 

Ambisi besar Arteta untuk membawa Arsenal menjuarai Liga Champions ini pun sejalan dengan ambisi personal Willian. Hingga kini, winger timnas Brasil itu belum pernah merasakan manisnya raihan gelar kompetisi paling bergengsi antar klub Eropa tersebut. Pun dengan kemungkinan meraih kembali titel Liga Primer Inggris.

''Saya memperkuat Chelsea selama tujuh musim dan telah mendapatkan hampir semua gelar, kecuali Liga Champions. Saya harap, kepindahan ke Arsenal ini membawa saya meraih trofi tersebut, selain dengan kemungkinan meraih lagi trofi Liga Primer Inggris,'' ujar eks winger Anzhi Makhachkala.

Willian mulai memperkuat Chelsea pada awal musim 2013/2014. Selama tujuh musim merumput bersama tim asal London Barat itu, Willian telah mempersembahkan dua titel Liga Primer Inggris, satu trofi Piala FA, satu gelar juara Piala Liga Inggris, dan satu trofi Liga Europa. Willian pun mengungkapkan, sebenarnya pelatih Chelsea, Frank Lampard, masih berharap bisa melihat dirinya di skuat The Blues.

Namun, manajemen klub hanya menawarkan perpanjangan kontrak dengan durasi kurang dari dua tahun. ''Saya rasa, semua orang tahu di mana masalahnya. Mereka beranggapan, karena saya telah berusia 32 tahun, mereka tidak bisa memberikan saya kontrak berdurasi tiga tahun. Padahal, saya merasa telah memberikan bukti terkait kebugaran dan kondisi fisik saya,'' ujar pemain yang mencetak empat gol dan dua assist saat tampil buat Chelsea di pentas Liga Primer Inggris pasca pandemi Covid-19. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement