Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Andre Sumbangkan 10 Ribu Alat Tes Swab untuk Lab Unand

Ahad 23 Aug 2020 02:02 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto

Andre Rosiade

Andre Rosiade

Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Dalam satu hari Lab Unand membutuhkan 2 ribu alat swab. 

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Anggota DPR RI asal Sumatera Barat Andre Rosiade menyumbangkan 10 ribu alat tes swab kepada Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Sabtu (22/8). Bantuan ini senilai Rp 1,5 miliar untuk mendukung kelancaran Lab Unand memeriksa sampel swab yang masuk dari berbagai Dinas Kesehatan dan rumah sakit di Sumbar.

"Alhamdulillah, hari ini kami mengantarkan 10 ribu alat PCR swab untuk Lab Unand dan diterima kepalanya pak dr Andani Eka Putera,” kata Andre.

Andre menyebut, kebutuhan alat pengambil swab sangat tinggi di Sumbar. Karena selama tiga pekan terakhir, angka kasus covid-19 di Sumbar mengalami peningkatan. 

Andre berjanji bantuan untuk Lab FK Unand ini akan berkelanjutan. Dia berkomitmen, terus berperan memperkuat Lab Unand supaya upaya testing terhadap covid di Sumbar terus tinggi. "Tujuannya, tak lain untuk memutus mata rantai penularan covid-19," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Dokter Andani mengatakan, dalam satu hari Lab Unand membutuhkan 2 ribu alat swab. Bahkan hari ini Lab Unand memecahkan rekor pemeriksaan terbanyak nasional dengan memeriksa 3.195 spesimen.

"Kami mengharapkan dukungan-dukungan seperti ini dari semua elemen. Termasuk dari Pemda, Pemprov sampai anggota DPRD. Kami juga minta terus kerja sama dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Karena pasien atau sampel kami dapat dari mereka,” ucap Andani.

Dokter Andani mengatakan, meningkatnya angka positif di Sumbar bukanlah suatu kemunduran. Karena hal itu akan terjadi karena Lab Unand memeriksa ribuan sampel setiap hari. Semakin banyak sampel yang diperiksa, penularan lebih luas dapat dicegah. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA