Sabtu 22 Aug 2020 12:37 WIB

Umat Diminta Introspeksi Diri Saat Tahun Baru Islam

Introspeksi diri Muslim diperlukan agar menjadi sosok bijaksana.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ani Nursalikah
Umat Diminta Introspeksi Diri Saat Tahun Baru Islam.
Foto: SPA
Umat Diminta Introspeksi Diri Saat Tahun Baru Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR SERI BEGAWAN -- Pemuka agama di Brunei Darussalam meminta umat Muslim terus berintrospeksi diri merayakan Tahun Baru Islam. Dia meminta semua warga Muslim mengevaluasi dan mengatasi kekurangan pada diri masing-masing.

"Nabi Muhammad SAW menyebut seseorang yang menginstrospeksi diri sebagai sosok bijaksana," kata seorang pemuka agama dalam ceramah seperti diwartakan Borneo Bulletin, Sabtu (22/8).

Baca Juga

Dia meminta umat Muslim sebagai hamba Allah SWT perlu untuk memastikan mereka memenuhi kewajiban sesuai perintah-Nya. Termasuk juga menaati perintah dan menjauhi larangan-Nya, seperti melaksanakan sholat wajib lima waktu, zakat, puasa, tidak berzina, riba dan korupsi.

"Kita bersyukur kepada Allah SWT. Karena belas kasihan dan kasih sayang-Nya, kita dapat memperingati Tahun Baru 1442 Hijriyah di negara yang damai dan sejahtera," katanya.

Mereka juga meminta masyarakat untuk mengevaluasi diri dan melihat apakan setiap individu telah memenuhi tugas dan tanggung jawab kita sebagai orang tua, anak, pelajar, karyawan dan pemimpin. Dia meminta umat menetapkan standar yang lebih tinggi untuk diperjuangkan jika telah terpenuhi.

"Jika refleksi diri mengungkapkan kekurangan, maka kita harus memasukkan konsep hijrah ke dalam hidup kita untuk memperbaiki diri," katanya.

Dia melanjutkan, dengan memahami efektivitas pendekatan semacam itu maka akan lebih mudah untuk menerapkan semangat hijrah di masa depan. Dia mengatakan, mencatat kelemahan adalah bagian dari sifat manusia.

Namun demikian, tidak mengakui kelemahan dapat merugikan diri karena menyulitkan untuk melihat ke dalam dan mengidentifikasi kekurangan dalam individu. Para pemuka agama lantas berdoa agar semua umat muslim diberikan kebahagiaan di dunia ini dan di akhirat.

Warga Muslim Brunei Darussalam memulai dan mengakhiri tahun Islam Hijriyah dengan doa setiap tahun. Dia mengatakan, hal itu menunjukkan mereka adalah bangsa yang kerap meminta bantuan Allah dalam memastikan keberkahan yang berkelanjutan bagi masyarakat.

https://borneobulletin.com.bn/2020/08/imams-call-on-nation-to-self-reflect-2/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement