Jumat 21 Aug 2020 23:22 WIB

Pemprov Sulbar Bantu 342 UMKM dan IKM Terdampak Covid-19

Bantuan tersebut akan langsung ditransfer ke rekening para pelaku UMKM dan IKM.

Pemprov Sulbar Bantu 342 UMKM dan IKM Terdampak Covid-19 (ilustrasi).
Foto: Antara/Rahmad
Pemprov Sulbar Bantu 342 UMKM dan IKM Terdampak Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MAMUJU -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat memberikan bantuan modal kepada 342 pelaku usaha mikro kecil dan menengah dan industri kecil menengah yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Mamuju.

Bantuan modal usaha bagi para pelaku UMKM dan IKM tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar dengan didampingi Wakil Bupati Mamuju Irwan Pababari serta sejumlah unsur Forkopimda di Kantor Bupati Mamuju, Jumat (21/8). 

Ke-342 penerima bantuan modal usaha tersebut, yakni sebanyak 235 pelaku UMKM dengan total bantuan modal sebesar Rp588 juta dan Rp 236 juta yang diserahkan kepada 107 IKM. Bantuan tersebut akan langsung ditransfer ke rekening para pelaku UMKM dan IKM.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan penyerahan bantuan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Pemprov Sulbar kepada para pelaku UMKM dan IKM di setiap kabupaten yang terdampak Covid-19.

"Ini sebagai bentuk perhatian dan upaya nyata kami untuk meringankan beban masyarakat akibat pandemi Covid-19," kata Ali Baal Masdar.

Penyerahan bantuan yang sama lanjut Gubernur, telah dilaksanakan di Kabupaten Mamuju Tengah, Pasangkayu, Majene dan Kabupaten Polewali Mandar. Sedangkan untuk Kabupaten Mamasa lanjutnya, direncanakan pada 24 Agustus 2020.

"Saya berharap para pelaku UMKM dan IKM yang menerima bantuan agar memanfaatkannya dengan baik untuk hal-hal yang produktif serta menunjang kegiatan usaha, sebab kita tahu di masa pandemi sekarang ini sangat mempengaruhi perekonomian kita," ujar Ali Baal Masdar.

Penyerahan bantuan pada kesempatan itu menurut Ali Baal Masdar, memiliki makna tersendiri sebab masih dalam suasana peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.

"Semoga semangat para pejuang kemerdekaan Indonesia dan semangat Tahun Baru Hijriah selalu menyertai setiap langkah kita dalam bekerja sesuai bidang tugas dan profesi masing-masing," harap Ali Baal Masdar.

Sementara, Wakil Bupati Mamuju Irwan SP Pababari menyampaikan rasa terima kasih atas intervensi bersama yang telah dilakukan Pemprov Sulbar dalam memberikan stimulus kepada para pelaku UMKM dan IKM.

Irwan menuturkan bantuan tersebut memang saat ini sangat dibutuhkan oleh semua pelaku UMKM dan IKM, menyusul dampak pandemi yang telah melumpuhkan hampir semua sendi kehidupan.

Selain penyerahan bantuan bagi UMKM dan IKM, Gubernur Sulbar juga menyerahkan bantuan hibah keagamaan sebesar Rp3.8 miliar kepada 148 keleompok penerima hibah, yang terdiri dari 72 masjid, 28 gereja, 13 pura, 11 majelis ta'lim, 18 Taman Pendidikan Alquran, empat pondok pesantren dan dua remaja masjid.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement