Sabtu 22 Aug 2020 03:44 WIB

Cara Mudah Hidangkan Makanan Ala Resto di Rumah

Chef Arnold memberi inspirasi masak ala resto dengan menu siap masak.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Chef Arnold Poernomo bagikan resep menu Crispy Chicken Salad favoritnya.
Foto: tangkapan layar
Chef Arnold Poernomo bagikan resep menu Crispy Chicken Salad favoritnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mengisi liburan dengan memasak bersama keluarga bisa jadi ide menyenangkan. Tak perlu khawatir ribet menyiapkan berbagai macam bahan. Bagi yang tak jago masak, pun tak perlu khawatir.

Sekarang sudah banyak tersedia menu makanan siap masak dari resto favorit. Layanan GoFood Indonesia menawarkan kategori Siap Masak (ready to cook) yang bisa langsung dipilih dari puluhan ribu resto GoFood favorit.

Baca Juga

Berbeda dengan pilihan menu Siap Masak lainnya, layanan GoFood memungkinkan pelanggan mendapatkan menu dengan cepat, karena diantar langsung mitra driver. Menu Siap Masak GoFood membuat semua bisa merasa menjadi chef profesional.

“Saya mau ajari cara masak gampang, makannya gampang, cara masak cepat, makannya juga cepat,” kata chef Arnold Poernomo di kanal Youtube-nya.

Lewat video berjudul “Rahasia Masak Cepat Chep Arnold”, juri Master Chef Indonesia itu membagikan cara membuat menu crispy chicken salad favoritnya. Namun, chef Arnold tidak perlu membuat crispy chicken-nya dari awal, melainkan memesan ayam ungkep siap masak lewat GoFood.

Chef Arnold memesan ayam ungkep dan sambal teri dari Dapur Nelongso. Pertama, ayam digoreng menggunakan api kecil.

Selagi ayam dimasak, siapkan salad dengan bahan-bahan sayuran seperti, daun bawang, daun selada, daun bayam, mentimun, cabai merah besar, dan lemon. Potong-potong daunnya untuk membuat tampilannya bervolume. Perpaduan dedaunan itu akan menghasilkan makanan yang manis dan asam.

Untuk memberi aroma, tambahkan daun wansui/coriander. Tambahkan tauge sedikit yang fresh untuk menambah chrunchy.

Cabai besar untuk memberi rasa pedas. Mentimun potong panjang tipis untuk menambahkan rasa segar. Air lemon juga memberikan sensasi segar yang dicampur dengan sambal teri. Jangan lupa menambahkan sedikit kecap manis.

“Ini cocok untuk anak merantau yang ingin makan makanan restoran, tapi dengan kreasi sendiri,” ujar chef Arnold.

photo
Chef Arnold Poernomo bagikan resep menu Crispy Chicken Salad favoritnya. - (tangkapan layar)

Setelah itu, tiriskan ayam yang sudah matang. Diamkan sejenak, lalu suwir besar-besar. Saatnya dressing. Campurkan potongan dedaunan dengan sambal, tambah tauge.

Siapkan piring, atur salad menggunung di piring. Tambahkan potongan ayam suwir, cabai merah, terakhir tambah campuran potongan daun bawang dan wansui untuk aromatik.

“Kalian bisa berkreasi suka-suka kalian dengan menu favorit Siap Masak. Semuanya gampang. Masaknya lima menit, makannya lima menit,” kata chef Arnold.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement