Jumat 21 Aug 2020 22:25 WIB

Penutupan Pelayanan RSUD Waluyo Probolinggo Diperpanjang

RSUD Waluyo Probolinggo akan dibuka kembali, Senin (24/8).

Penutupan pelayanan kesehatan RSUD Waluyo Jati Kraksaan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, diperpanjang hingga Ahad (23/8) (Foto: ilustrasi Covid-19)
Foto: Prayogi/Republika
Penutupan pelayanan kesehatan RSUD Waluyo Jati Kraksaan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, diperpanjang hingga Ahad (23/8) (Foto: ilustrasi Covid-19)

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO -- Penutupan pelayanan kesehatan RSUD Waluyo Jati Kraksaan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, diperpanjang hingga Ahad (23/8). Rumah sakit tersebut rencananya akan membuka pelayanan operasional pada 24 Agustus 2020.

"Kami meminta maaf kepada seluruh masyarakat karena pembukaan pelayanan operasional di RSUD Waluyo Jati Kraksaan tidak sesuai dengan rencana yang dijadwalkan pada Sabtu (22/8)," kata Juru Bicara Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo, dr Shodiq Tjahjono, di kabupaten setempat, Jumat (21/8).

Baca Juga

Ia mengatakan, penundaan pembukaan pelayanan operasional itu karena hasil pemeriksaan tes usap tenaga kesehatan RSUD Waluyo Jati belum sepenuhnya rampung. Bila dipaksakan untuk dibuka sesuai rencana akan kekurangan tenaga kesehatan dan status kesehatannya masih belum jelas.

"Pembukaan pelayanan operasional RSUD Waluyo Jati harus dibarengi dengan kepastian status tenaga kesehatan yang nantinya akan memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga semua tenaga kesehatan harus benar-benar sehat dan terbebas dari virus corona," tuturnya.

Selama penutupan RSUD Waluyo Jati Kraksaan, lanjut dia, pihaknya terus melakukan sterilisasi dan disinfeksi di seluruh ruangan rumah sakit untuk kepentingan masyarakat dan tenaga kesehatan. Pihaknya juga melakukan pelacakan kepada kontak-kontak erat sesuai dengan arahan dari Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo.

"Penutupan itu hanya berlaku bagi pasien baru untuk kasus rawat jalan dan gawat darurat saja. Sementara untuk kasus yang dirawat inap masih tetap dilakukan pelayanan dan perawatan di rumah sakit," katanya.

Shodiq menjelaskan, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa mendatangi rumah sakit swasta terdekat dan akan tetap dilayani dengan baik. Pelayanan operasional RSUD Waluyo Jati Kraksaan di Kabupaten Probolinggo ditutup sejak Rabu (19/8) karena Direktur RSUD setempat terkonfirmasi positif COVID-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement