Jumat 21 Aug 2020 20:00 WIB

Gandeng Pokdarwis, UIN Suka Kembangkan Desa Wisata

Pengembangan dewa wisata dilakukan dengan membuat peta wisata

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Hiru Muhammad
Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq.
Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN--Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta mengembangkan desa wisata di Desa Terban, Kudus, Jawa Tengah. Hal tersebut dilakukan dengan menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Terban.

Pengembangan desa wisata ini dilakukan  UIN Suka melalui pengabdian masyarakat di daerah tersebut. Pengembangan dilakukan dengan membuat peta wisata.

Kepala Desa Terban, Supeno Aji Soko mengatakan, sebagian besar desa tersebut berada di kaki Bukit Patiayam yang memiliki banyak potensi wisata. Mulai dari Bukit Sumprit, Museum Purbakala Patiayam, Gardu Pandang hingga Air Terjun Grenjengan.

"Peta Wisata ini akan sangat membantu bagi pengunjung dan wisatawan yang akan berlibur di desa ini," kata Supeno dalam siaran pers yang disampaikan Humas UIN Suka, Jumat (21/8).

Plt Ketua LPPM UIN Suka, Soehadha mengatakan, peta wisata tersebut merupakan inisiatif dari mahasiswa KKN UIN Suka. Proses pembuatan peta wisata ini mulai dari diskusi bersama pokdarwis, pemetaan, pengumpulan data wisata dan batas desa melalui Badan Pusat Statistik Kabupaten Kudus, pembuatan peta dan pemasangan lokasi peta.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Suka, Didik Krisdiyanto mengatakan berharap kerja sama dengan Desa Terban tetap berlanjut kedepannya. Sebab, program KKN yang dijalankan pada 2020 di desa tersebut merupakan pertama kalinya. "Harapannya di tahun-tahun mendatang akan ada KKN dari UIN Suka Yogyakarta lagi di desa ini," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement