Jumat 21 Aug 2020 19:42 WIB

Menlu Tiba di Abu Dhabi untuk Pertemuan Bilateral

Salah satu agenda pertemuan yakni membahas kerja sama vaksin Covid-19.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi.
Foto: dok Kementerian Luar Negeri RI
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi bersama Menteri BUMN Erick Thohir beserta tim telah tiba di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (21/8) waktu setempat. Kedatangan rombongan RI adalah untuk melakukan pertemuan bilateral membahas berbagai macam isu, terutama soal kerja sama vaksin Covid-19.

"Ibu Menlu sudah tiba di UEA dan hari ini kegiataannya koordinasi setelah menjalani protokol kesehatan," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (20/8).

Baca Juga

Sesuai rencana, Faiza mengatakan, besok atau Sabtu (22/8) waktu setempat akan dimulai kegiatannya. Di antaranya pertemuan dengan Menlu UAE dan G42 soal vaksin.

Sebelumnya, Menlu Retno dan Menteri Erick telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Wang Yi di Sanya, Provinsi Hainan, China. Dalam pertemuan tersebut Menlu Retno dan Menteri Erick membahas berbagai macam isu khususnya kerja sama vaksin dan keamanan kawasan.

Selain pertemuan bilateral, keduanya menyaksikan penandatangan perjanjian kerja sama vaksin Covid-19 antara Bio Farma dan Sinovac. Pada pertemuan di Abu Dhabi, Menlu juga akan melakukan pembahasan meyoal vaksin dan pemulihan ekonomi pascapandemi.

Menyoal kerja sama dengan UEA dan Cina yang telah dilakukan, sebelumnya dengan UEA, RI telah menyepakati travel corridor yang dimulai 29 Juli. Kemarin, RI juga menyepakati travel corridor dengan Cina khusus untuk perjalanan kedinasan dan perjalanan diplomatik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement