Sabtu 22 Aug 2020 05:29 WIB

Wapres Minta Umat tak Putus Asa Hadapi Covid-19

Umat Islam harus kuat dengan terus berupaya dan memohon pertolongan Allah

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Wakil Presiden Ma
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden Ma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak umat Islam mengambil momen Tahun Baru Islam 1442 Hijriah untuk tak putus asa melawan pandemi Covid-19 yang menimpa bangsa Indonesia. Saat bertausiah menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriah di Masjid Sunda Kelapa Jakarta, Jum'at (21/8), Ma'ruf mengatakan, dalam menghadapi pandemi ini, umat Islam Indonesia harus kuat dengan terus berupaya dan memohon pertolongan kepada Allah SWT.

"Mari kita jadikan tahun baru Hijriah ini untuk kita berjuang melawan Covid-19 yang sedang menimpa bangsa ini. kita harus lebih memperbanyak upaya kita, harus menguatkan diri," kata Ma'ruf dalam siaran persnya, Jumat (21/8).

Ma'ruf mengingatkan, umat Islam meyakini firman Allah bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Karena itu, umat harus percaya pandemi ini bisa segera dilalui dengan berbagai upaya dan doa.

Sebagaimana, lanjut Ma'ruf, perjuangan para pahlawan bangsa di masa lalu dalam merebut kemerdekaan dengan penuh harap mendapat pertolongan Allah SWT, hingga akhirnya kemerdekaan diraih dengan kombinasi usaha keras dan do'a.

Karenanya, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, tidak boleh hanya mengandalkan kekuatan manusia semata, tetapi juga mengharapkan inayah Allah. Begitu juga sebaliknya, tidak boleh hanya mengandalkan inayah Allah, tetapi harus juga membangun kekuatan.

"Karena itu, kita tidak boleh hanya mengandalkan kekuatan tetapi kita juga harus memohon inayah pertolongan Allah. Kita juga tidak boleh hanya mengandalkan inayah Allah, tapi kita juga harus membangun kekuatan, wala ta’jiz, jangan menjadi orang-orang yang lemah," pesannya.

Ia juga berharap pergantian tahun baru Hijriah ini membawa keberkahan tidak hanya untuk umat Islam tetapi juga seluruh bangsa Indonesia.

"Kita berharap tahun baru ini menjadi tahun yang membawa keberkatan kepada kita umat Islam, kepada kita bangsa Indonesia. Mari kita berjuang bersama-sama lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement