Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Monday, 28 Ramadhan 1442 / 10 May 2021

Swab Test Pegawai BMKG Negatif, Kantor Pusat Dibuka Kembali

Jumat 21 Aug 2020 16:45 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati / Red: Agus Yulianto

Petugas BMKG memantau perkembangan gempa bumi. (Ilustrasi)

Petugas BMKG memantau perkembangan gempa bumi. (Ilustrasi)

Foto: Antara/Izaac Mulyawan
Kantor BMKG Pusat akan kembali melakukan aktivitas mulai 24 Agustus 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pegawai Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat akan  kembali masuk Senin (24/8) besok. Aktivitas kantor kembali aktif setelah dilakukan penutupan sementara kantor BMKG dan kerja dari rumah (WFH) selama satu pekan 13 Agustus hingga 20 Agustus 2020.

Menurut Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana, setelah menunggu 3-5 hari tes swab, sejumlah pegawai dinyatakan negatif terinfeksi virus corona SARS-CoV2 (Covid-19). "Berdasarkan hasil swab ini, kantor BMKG Pusat kembali melakukan aktivitas mulai tanggal 24 Agustus 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Jumat (21/8).

Selama masa lockdown, dia melanjutkan, BMKG tetap melakukan kegiatan operasional pengamatan meteorologi, klimatologi  dan geofisika melalui sistem Internet of Things (IoT) sehingga prakiraan/prediksi dan peringatan dini tetap terus terjaga dan tersebar ke masyarakat luas secara digital dan real time. 

Dia menyebutkan, sistem monitoring dan peringatan dini cuaca, iklim, dan kualitas udara dilakukan dengan mekanisme Work From Home (WFH) namun tetap melalui sistem digital dan online. Sementara untuk sistem peringatan dini gempa bumi dan tsunami BMKG telah menyiapkan back up penuh dengan mengoptimalkan sistem yang telah terintegrasi di Kantor BMKG Balai Besar MKG Wilayah III, Denpasar, Bali. 

"Masyarakat diminta untuk terus memonitor info-info cuaca, iklim, gempa dan tsunami. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), YouTube: InfoBMKG, website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg," katanya.

Sebelumnya, Kantor BMKG Pusat Kemayoran telah dilakukan tes cepat (rapid test) beberapa kali untuk memonitor perkembangan kesehatan para pegawai. Tes terakhir di kantor pusat BMKG dilaksanakan pada tgl 12 Agustus 2020. 

Hasil test ini menunjukan bahwa sejumlah pegawai terkonfirmasi reaktif.  Usai melakukan rapid test untuk skrining, sejumlah pegawai melanjutkan swab test untuk dijadikan acuan utama apakah pegawai tersebut terkonfirmasi Covid-19.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA