Kamis 20 Aug 2020 21:48 WIB

ACT Luncurkan Lumbung Sedekah Pangan di Mesuji

Lumbung diharapkan meringakan beban masyarakat terdampak Covid-19

Rep: Mursalin Yasland / Red: Gita Amanda
ACT Lampung luncurkan program Lumbung Sedekah Pangan di Mesuji, Lampung, Kamis (20/8).
Foto: dok. ACT Lampung
ACT Lampung luncurkan program Lumbung Sedekah Pangan di Mesuji, Lampung, Kamis (20/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung meluncurkan Lumbung Sedekah Pangan (LSP) di Desa Sidomulyo,  Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, Lampung, Kamis (20/8). Hadirnya LSP di Mesuji mendambah antusiasme para dermawan dan penerima manfaat.

Ketua Komunitas Mesuji Bersatu Indra juga menginisiasi LSP setelah mendapatkan informasi mengenai konsep berbagi yang memungkinkan melibatkan dermawan di daerah setempat. Dengan konsep memberi yang terbaik dan mengambil secukupnya bagi yang membutuhkan, ia mulai mengajak masyarakat terdekat untuk mengumpulkan bantuan berupa uang tunai maupun bahan pokok.

 Dari hasil kegiatan komunitas tersebut melalui sosial media terkumpul sejumlah bantuan seperti beras, detergen, masker, sikat gigi, kopi, herbal tolak angin, dan uang tunai. Dari bantuan yang terkumpul kemudian dikemas sejumlah penerima manfaat.

Indra menyatakan, antusiasme baik dermawan maupun penerima manfaat sangat tinggi, terlebih kegiatan sosial LSP merupakan konsep baru yang ada di Desa Sidomulyo, Mesuji. Harapannya, relawan bisa terus melaksanakan kegiatan secara rutin dan lebih besar lagi.

Dalam keterangan persnya, Kamis (20/8), Head of Marcomm ACT Lampung Fajar Yusuf Dirgantara mengapresiasi kesediaan Komunitas Mesuji Bersatu dalam mensukseskan program berbagi LSP. Dengan persiapan yang tidak terlalu lama dapat terkumpul bantuan yang langsung diterima penerima manfaat khususnya kalangan lanjut usia atau lansia.

Menurutnya, geliat gotong royong dalam kondisi new normal pandemi corona ini sangat perlu disebarluaskan mengingat dampak perekonomian yang menerpa sebagian masyarakat cukup membuat sulit dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Dia menyatakan, dalam mensukseskan kegiatan sosial dan kemanusiaan tersebut juga tak bisa lepas dari peran serta jurnalis yang bisa menyebarkan informasi lebih luas lagi. Untuk itu kehadiran beberapa jurnalis sangat bermanfaat dalam memompa semangat relawan untuk peduli kemanusiaan.

"Lumbung Sedekah Pangan di Kabupaten Mesuji. Semoga bisa meringankan masyarakat yang terdampak perekonomianya akibat pandemi  corona. Dalam waktu dekat kami juga membentuk kepengurusan MRI (Masyarakat Relawan Indoneisa) dan JFH (Journalist for Humanity) di Kabupaten Mesuji," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement