Jumat 21 Aug 2020 02:29 WIB

Ruang Isolasi RSUD Banda Aceh Hampir Penuh Pasien Covid-19

RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh memiliki 60 tempat tidur

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh.
Foto: Dok RS
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH - Ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Kota Banda Aceh hampir semuanya terisi pasien positif Covid-19. Direktur RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dr Azharuddin mengatakan ada sekitar 40 pasien yang sedang menjalani penanganan medis di ruang isolasi Penyakit Iinfeksi New Emerging dan Re-emerging (Pinere) rumah sakit setempat.

"Iya hampir penuh, sekitar 40 pasien sekarang, ada pasien yang pulang dan ada juga masuk yang lain," kata Azharuddin, Kamis (20/8).

Ia menjelaskan, RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh memiliki enam ruang isolasi Pinere, dengan ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang dapat digunakan bagi perawatan pasien Covid-19 sebanyak 60 tempat tidur.

Namun, lanjut dia, pihaknya juga sedang menyiapkan sejumlah kelengkapan ruang Pinere lainnya, dalam upaya antisipasi lonjakan kasus pasien Covid-19. Dalam waktu sepekan, kata dia, pengerjaan akhir ruang isolasi itu akan selesai. Maka total tempat tidur rumah sakit untuk ruang isolasi nantinya berjumlah 166 tempat tidur, sekaligus lengkap dengan dua kamar operasi khusus pasien Covid-19.

"Kita sedang siapkan kelengkapan ruang Pinere yang lain, dan total bed semuanya akan ada 166. Semoga teratasi jika eskalasi penambahan pasien tidak banyak sekaligus," katanya.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga telah menginstruksikan bupati dan wali kota di seluruh daerah Aceh untuk menyiapkan ruang isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 daerahnya. Hingga kini, kata Azharuddin, rumah sakit daerah rujukan Covid-19 di kabupaten/kota juga telah menyiapkan ruangan isolasi, dengan persediaan tempat tidur sekitar 500 bed.

"Insya Allah Pinere RSUDZA dengan total kapasitas 166 bed akan cukup. Lagi pula di 23 kabupaten/kota juga sudah tersedia total sekitar 500 bed," ujarnya.

Data Dinas Kesehatan Aceh, secara kumulatif Aceh melaporkan kasus Covid-19 sebanyak 1.136 orang. Di antaranya 405 orang telah sembuh, 30 orang meninggal dunia, dan 701 orang masih dalam penanganan medis di rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement