Kamis 20 Aug 2020 15:31 WIB

Otoritas Libya Setuju Bertemu Pihak Haftar di Maroko

Kepala Dewan Tinggi Negara Libya bersedia bertemu dengan semua pihak terlibat konflik

Red: Nur Aini
Khalid al-Mishri, kepala Dewan Tinggi Negara Libya, setuju untuk bertemu Aguila Saleh, juru bicara parlemen Libya pro-Haftar, di Maroko.
Khalid al-Mishri, kepala Dewan Tinggi Negara Libya, setuju untuk bertemu Aguila Saleh, juru bicara parlemen Libya pro-Haftar, di Maroko.

REPUBLIKA.CO.ID, TRIPOLI -- Khalid al-Mishri, kepala Dewan Tinggi Negara Libya, setuju untuk bertemu Aguila Saleh, juru bicara parlemen Libya pro-Haftar, di Maroko.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari upaya Rabat untuk menyelesaikan krisis Libya, ungkap al-Mishri pada Rabu (19/8) waktu setempat.

Baca Juga

"Ada upaya yang dilakukan oleh Maroko di bawah pengawasan Raja Mohammad VI untuk memajukan upaya diplomatik demi menyelesaikan krisis Libya," ungkap dia seperti dikutip oleh saluran berita Maroko Medi1 TV.

“Kami mengunjungi Maroko [pada bulan Juli], bertepatan dengan kehadiran Aguila Saleh di kerajaan. Kami mengatakan kami siap untuk bertemu dengannya di depan umum, tetapi dengan syarat jaminan internasional dan kehadiran saudara-saudara Maroko kami."

Pejabat tinggi itu mengatakan dia siap bertemu dengan semua pihak yang terlibat konflik di Libya dengan syarat yang sama. Terkait peran Maroko dalam menemukan solusi untuk krisis Libya, al-Mishri mengatakan pihaknya percaya kepemimpinan Maroko yang ingin mencapai solusi [yang adil] dan tidak mengamankan kepentingan satu pihak dengan mengorbankan yang lain.

Libya dilanda perang saudara sejak penggulingan almarhum penguasa Muammar Gaddafi pada tahun 2011. Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) didirikan pada 2015 di bawah perjanjian yang dipimpin PBB, tetapi upaya penyelesaian politik jangka panjang gagal karena tindakan militer oleh pasukan yang setia kepada Khalifa Haftar.

PBB mengakui pemerintah yang dipimpin oleh Perdana Menteri Fayez al-Sarraj sebagai otoritas sah negara itu, karena Tripoli telah memerangi milisi Haftar sejak April 2019 dalam konflik yang telah merenggut ribuan nyawa.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/otoritas-libya-setuju-bertemu-pihak-haftar-di-maroko/1947582
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement