Kamis 20 Aug 2020 15:22 WIB

Lewandowski Menatap Rekor Baru di Liga Champions

Lewandowski sudah mencetak 15 gol di Liga Champions musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski.
Foto: Franck Fife / POOL/AFP POOL
Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Hanya ada satu pemain dalam sejarah Liga Champions yang mampu mencetak lebih dari 15 gol dalam satu musim kompetisi Liga Champion. Rekor tersebut milik megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo. Peraih lima gelar Ballon d'Or itu pun masih menjadi pemain dengan koleksi gol terbanyak dalam satu musim kompetisi Liga Champions, dengan 17 gol pada sepanjang musim 2013/2014.

Namun, pada musim ini, striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, memiliki peluang besar untuk menulis ulang rekor tersebut dan melampaui capaian mantan bintang Real Madrid tersebut. Gol sundulan ke gawang Olimpique Lyon pada menit ke-88 di laga semifinal, Kamis (20/8) dini hari WIB, menjadi gol ke-15 striker asal Polandia itu di pentas Liga Champions musim ini.

Baca Juga

Catatan gol Lewandowski itu menyamai rekor gol Ronaldo pada Liga Champions musim 2017/2018. Akhirnya, apabila mampu mencetak lebih dari dua gol di babak final, kontra Paris Saint Germain, akhir pekan ini, maka Lewandowski akan melampaui rekor Ronaldo tersebut. Striker berusia 31 tahun itu bakal menjadi pemain dengan koleksi gol terbanyak dalam satu musim Liga Champions.

Eks striker Borussia Dortmund itu tengah berada dalam performa positif. Koleksi 15 gol di musim ini merupakan catatan terbaik Lewandowski sejak melakoni debut di kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa tersebut. Lewandowski pertama mentas di Liga Champions pada musim 2011/2012 saat masih mengenakan seragam Borussia Dortmund. 

Secara keseluruhan, catatan gol Lewandowski pada musim ini terbilang begitu impresif. Eks penyerang Lech Poznan itu mengemas 55 gol dan 10 asisst dari 46 penampilan di semua ajang.

Lewandowski tidak pernah absen mencetak gol dalam sembilan laga terakhir di Liga Champions. Untuk catatan ini, Lewandowski berbagi tempat dengan mantan penyerang Manchester United, Ruud Van Nistelrooy, yang juga mampu mencetak gol dalam sembilan laga secara beruntun. Sementara di urutan teratas ada Ronaldo yang bisa merobek jala gawang lawan dalam 11 laga Liga Champions. 

Kendati Lewandowski memiliki peluang untuk memecahkan sederet rekor, tapi pelatih Muenchen, Hansi Flick, tetap optimistis, hal tersebut tidak akan mengganggu fokus striker andalannya dalam laga kontra PSG. 

"Dia tidak akan berpikir untuk berusaha memecahkan rekor tersebut. Hal yang dia pikirkan adalah membantu tim dengan mencetak gol, bukan torehan rekor. Kontribusinya sangat penting buat tim. Buat saya, dia striker terbaik di dunia saat ini dan saya harap dia bisa mencetak gol di laga kontra PSG,'' tutur Flick seperti dilansir One Football, Kamis (20/8).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement