Kamis 20 Aug 2020 00:09 WIB

Lyon, Sang Penerkam Raksasa

Olympique Lyon membuat kejutan dengan menyingkirkan Juventus dan Manchester City.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi
 Para pemain Olympique Lyon menghadiri sesi latihan timnya di Lisbon, Portugal (18/8/2020). Olympique Lyon akan menghadapi Bayern Munich di semifinal Liga Champions UEFA pada 19 Agustus 2020.
Foto: EPA-EFE / Franck Fife
Para pemain Olympique Lyon menghadiri sesi latihan timnya di Lisbon, Portugal (18/8/2020). Olympique Lyon akan menghadapi Bayern Munich di semifinal Liga Champions UEFA pada 19 Agustus 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Olympique Lyon membuat kejutan dengan menyingkirkan tim raksasa sekelas Juventus dan Manchester City guna memuluskan langkahnya menuju semifinal Liga Champions. Kini Lyon siap mengejutkan raksasa Jerman, Bayern Muenchen, ketika kedua tim bersua di babak empat besar pada Kamis (20/8) malam dini hari WIB.

Saat Liga Champions musim ini bergulir, Les Gones bukanlah tim unggulan. Namun, dalam perjalanan ke fase semifinal, Les Gones justru mampu menyingkirkan dua tim raksasa.

Di babak 16 besar, Lyon menyingkirkan Juventus yang diperkuat megabintang Cristiano Ronaldo. Juventus disingkirkan Lyon berkat ketentuan agresivitas gol tandang.

Sedangkan di babak delapan besar, Les Gones memaksa Manchester City pulang lebih awal dari turnamen paling bergengsi antar klub Eropa tersebut. City terpaksa mengubur mimpi meraih titel Liga Champions akibat blunder taktik yang diterapkan Pep Guardiola di laga kontra Les Gones. The Citizens dibekap tim besutan Rudi Garcia itu 1-3.

Menyingkirkan Juventus dan City menjadi paket kejutan yang dihadirkan Les Gones di pentas Liga Champions musim ini. Meski sedikit berbau keberuntungan dan kebetulan dalam capaian Lyon tersebut, tapi tidak ada kebetulan yang berlangsung dua kali, terutama di sepak bola.

Persiapan matang dan jeli melihat kelemahan lawan saat laga berlangsung menjadi kunci keberhasilan Lyon tampil mengejutkan selama ini. Dua aspek tersebut yang diandalkan Lyon kala menghadapi Bayern Muenchen di babak semifinal Liga Champions pada malam ini.

''Kami tahu siapa yang akan kami hadapi selanjutnya," kata pelatih Olympique Lyon, Rudi Garcia, sebagaimana dikutip Antara dari AFP, kemarin.

"Kami menyingkirkan Juventus yang menjadi salah satu pesaing untuk memenangkan Liga Champions,'' katanya ''Manchester City juga menjadi pesaing kuat menjuarai Liga Champions."

"Bayern sama persis. Tetapi berdasarkan apa yang para pemain tunjukkan secara logis, kami masih bisa berharap untuk melewati Bayern Muenchen. Itulah yang akan kami coba lakukannya." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement