Rabu 19 Aug 2020 16:01 WIB

Prangko Seri Presiden dan Penanggulangan Covid Diluncurkan

Perangko edisi spesial memperingati HUT Kemerdekaan telah diluncurkan.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bayu Hermawan
Petugas menunjukkan prangko seri Presiden dan Wakil Presiden RI 75 Tahun Indonesia Merdeka di Jakarta, Rabu (19/8/2020). PT Pos Indonesia meluncurkan Prangko seri Presiden dan Wakil Presiden RI 75 Tahun Indonesia Merdeka.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Petugas menunjukkan prangko seri Presiden dan Wakil Presiden RI 75 Tahun Indonesia Merdeka di Jakarta, Rabu (19/8/2020). PT Pos Indonesia meluncurkan Prangko seri Presiden dan Wakil Presiden RI 75 Tahun Indonesia Merdeka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah baru saja meluncurkan empat seri prangko spesial dalam rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Keempat seri itu yakni prangko seri Presiden dan Wakil Presiden, Perangko Seri 75 Tahun Indonesia Merdeka, Prangko Seri Penanggulangan Covid-19 dan Perangko Seri Artis, Grup Musik Ternama.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan peluncuran prangko seri presiden dan wakil presiden, seri HUT Kemerdekaan ke-75 RI, seri Penanggulangan Covid-19 dan Prangko Seri Artis, Grup Musik Ternama," kata Wapres Ma'ruf Amin menandai peluncuran secara resmi empat seri prangko tersebut melalui virtual, Rabu (19/8).

Baca Juga

 

Ma'ruf menjelaskan, masing masing seri prangko tersebut memiliki tujuan tersendiri. Seperti seri penanggulangan Covid-19, seri itu diterbitkan sebagai satu wujud apresiasi pemerintah kepada para dokter dan tenaga medis yang menjadi pejuang garda terdepan di bidang kesehatan.

Para tenaga medis, kata Ma'ruf, telah menunjukan semangat dan integitas yang tinggi untuk membantu sesama dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini. Sementara, seri grup seniman dan artis bermakna apresiasi yang tinggi kepada musisi-musisi Indonesia yang telah memberikan karya-karya dan menjadi bagian penting kreativitas negara ini. 

"Semoga para musisi dapat tetap berkarya dan berkreasi mengobarkan  semangat perjuangan termasuk dalam menginspirasi bangsa Indonesia dalam melawan Covid-19," ujar Ma'ruf.

Ia mengatakan, meskipun saat ini kita sedang menghadapi Pandemi Covid-19, namun harus tetap produktif dan berkarya, serta berinovasi di semua bidang kehidupan bangsa, termasuk prangko tersebut.

Apalagi, prangko telah menjadi bagian penting dari setiap peristiwa bersejarah bangsa dan masyarakat Indonesia. Prangko saat ini, tidak banyak lagi digunakan sebagai alat pembayaran pengiriman pos, namun masih menjadi media yang dapat mengabadikan momen-momen khusus, bersejarah, diplomasi dan hubungan Internasional. 

Selain itu peminat prangko juga telah menembus batas baik usia maupun geografis. "Peluncuran empat seri prangko secara bersamaan hari ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia," ungkapnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menjelaskan seri pranko lainnya yakni seri presiden dan wakil presiden. Ia mengatakan, seri presiden dan wakil presiden itu adalah upaya penghormatan kepada kepala negara.

"Prangko presiden dan wapres selalu ditunggu kehadirannya di negara kita, presiden dan wapres selalu diabadikan ketokohannya dalam bentuk prangko khusus, negara-negara lain juga memiliki kebiasaan dimana penghormatan kepada kepala negaranya dilakukan dalam penerbitan prangko," ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement