Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Koeman Diprediksi Hanya Melatih Setahun di Barcelona

Rabu 19 Aug 2020 11:09 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Ronald Koeman

Ronald Koeman

Foto: REUTERS/Tony O'Brien
Presiden baru Barcelona akan memilih mendatangkan Xavi Hernandes sebagai pelatih.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona tengah dilanda krisis. Tahun ini, La Blaugrana berkompetisi tanpa meraih satu pun trofi.

Puncaknya ketika Lionel Messi dan kawan-kawan dibantai 2-8 oleh Bayern Muenchen di babak perempat final Liga Champions.

Klub pun langsung bergerak dengan memecat Quique Setien sebagai pelatih dan Eric Abidal dari direktur olahraga. Berbagai rumor pun mencuat dari klub ini, mulai dari hengkangnya bintang Barca Lionel Messi, nama calon pelatih, hingga pemilihan presiden Barcelona.

Pakar sepak bola Spanyol, Graham Hunter memprediksi, kandidat calon pelatih terkuat saat ini, Ronald Koeman hanya akan melatih selama satu tahun jika jadi didatangkan. Hal tersebut ia kaitkan dengan kandidat calon presiden Barcelona, Victor Font yang menginginkan Xavi Hernandes sebagai pelatih.

"Ada formula yang jelas mengapa mereka berbicara dengan Ronald Koeman, dan mengapa dialah yang mereka inginkan. Nomor satu, sangat jelas dalam tahun depan akan ada pemilihan presiden, orang yang sangat tepat untuk memenangkannya, Victor Font benar-benar berkomitmen untuk membawa Xavi,” kata Hunter dilansir dari Sky Sports, Rabu (19/8).

Analisis Hunter terhadap berapa lama Koeman dapat melatih Barcelona diperkuat dengan kabar bahwa klub akan memberikan kontrak dua tahun untuk pelatih asal Belanda tersebut. Itu artinya secara efektif, Koeman hanya mempunyai kerja satu tahun. Dan kondisi ini kemungkinan besar akan berubah jika Font terpilih sebagai presiden.

Xavi, lanjut Hunter, tak akan didatangkan saat ini karena yang dibutuhkan dalam waktu dekat ini adalah pelatih berpengalaman dan mengetahui luar dalam tim ini. Koeman juga mempunyai reputasi baik dalam melatih pemain yang lebih muda.

“Itu sebabnya Koeman cocok dengan semua itu. Tampaknya Barcelona telah memperbaiki kesepakatan dengan pria Belanda itu, dan bahwa Koeman, yang menginginkan pekerjaan ini selama 20 tahun mengatakan, akan melempar dadu mengambil risiko, itu hanya beberapa tahun tahun,” kata Hunter menambahkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA