Rabu 19 Aug 2020 08:56 WIB

Rapat di Google Meet Bisa Disimak dari Layar TV

Google Meet menambahkan dukungan di Chromecast.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Meet
Foto: Google Meet
Google Meet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Gagasan mengadakan rapat kerja di layar terbesar di rumah tampak menarik. Kini Google Meet menambahkan dukungan Chromecast agar penggunanya dapat melakukannya di rumah.

Google Chromecast adalah sebuah dongle atau adaptor HDMI yang berfungsi untuk menghubungkan TV dengan gadget melalui sambungan internet. Dilansir dari The Verge, Rabu (19/8), pengguna dapat mentransmisikan rapat ke stik streaming Chromecast, Android TV dan smart display perusahaan.

Baca Juga

“Awal tahun ini, kami meluncurkan Google Meet di Nest Hub Max dan rasanya tepat untuk memperluas Meet ke lebih banyak layar di rumah Anda,” tulis Grace Yang dari Google di forum dukungan Chromecast.

Yang mengatakan Google menyadari banyak sekolah beralih ke pembelajaran jarak jauh atau remote learning. Mereka ingin mendukung lingkungan belajar baru ini untuk guru dan siswa.

“Bertemu di Chromecast akan memungkinkan Anda menyelenggarakan atau bergabung dengan rapat yang memberikan Anda kesempatan untuk terhubung dengan teman sekelas, berkolaborasi dalam proyek dan bahkan menghadiri kuliah,” katanya.

Saat mentransmisikan Meet ke TV, radio feed dan video pengguna akan tetap berasal dari komputer mereka. Jadi mungkin akan sedikit canggung jika tidak sesekali melirik ke kamera untuk menghindari terlihat terganggu.

Model Chromecast yang didukung mencakup Chromecast Ultra dan Chromecast generasi kedua dan saat ini. Google mencatat kinerja dapat bervariasi di Android TV dan layar berkemampuan Cast. Jadi jika rapat itu penting, mungkin pengguna disarankan tetap gunakan laptopnya.

Untuk mentransmisikan Google Meet ke TV, buka meeting di Chrome dan pengguna akan melihat opsi cast this meeting, yang dapat diakses sebelum dan selama rapat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement