Rabu 19 Aug 2020 08:21 WIB

Bartomeu: Lionel Messi akan Tetap di Barcelona

Bartomeu mengakui Messi masih pemain nomor satu di dunia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu.
Foto: EPA/Toni Albir
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengatakan, Lionel Messi akan tetap memperkuat Barcelona. Messi akan menjadi tumpuan tim yang dilatih oleh Ronald Koeman musim depan.

Bartomeu mengesampingkan kemungkinan bintang Argentina itu meninggalkan Camp Nou saat dia mengonfirmasi niat Barca menunjuk Koeman sebagai penerus Quique Setien, meski kesepakatan itu belum final.

Baca Juga

"Saya telah berbicara dengan Koeman dan pilar proyek kami adalah Messi," kata Bartomeu dikutip dari Sportsmole, Rabu (19/8). "Dia memiliki kontrak hingga 2021, saya berbicara banyak dengan Leo dan lebih sering dengan ayahnya."

Bartomeu mengakui, Messi adalah pemain nomor satu di dunia. Sebab itu, tidak ada keraguan, dalam proyek baru Koeman harus mengandalkan Messi.

Messi telah identik dengan Barca selama lebih dari satu dekade. Ia mencetak 631 gol dalam 734 penampilan sejak menembus tim utama pada tahun 2005. Striker asal Argentina itu membantu klub memenangkan empat mahkota Liga Champions, 10 gelar La Liga, dan banyak trofi lainnya.

Tapi masa depan Messi dipertanyakan setelah kekalahan menakjubkan Barca 2-8 di Liga Champions dari Bayern Muenchen. Hasil ini tampaknya tidak membuat siapa pun aman di klub.

Setien, yang hanya bertugas sejak Januari, dipecat pada Senin (17/8). Sehari kemudian direktur olahraga Eric Abidal juga meninggalkan klub, meski Bartomeu mengindikasikan mantan bek itu keluar dengan keputusan pribadi.

Bartomeu berada di bawah pengawasan ketat, tetapi alih-alih mengundurkan diri atau menghadapi pemilihan langsung, ia memilih untuk mengajukan pemungutan suara klub berikutnya ke Maret tahun depan.

Saat itu, Bartomeu berharap Koeman telah melakukan banyak hal untuk meredakan tekanan ekstrem di dewan klub. "Kami bertaruh padanya," kata Bartomeu. "Dia telah berada di 'Tim Impian' (Johan) Cruyff. Dia adalah orang pertama yang kami panggil pada Januari. Itu impian baginya."

Koeman bermain untuk klub tersebut antara tahun 1989 dan 1995, memenangkan Piala Eropa, empat gelar La Liga, dan Copa del Rey. Meskipun, dikontrak dengan tim nasional Belanda hingga setelah Piala Dunia 2022, Koeman sebelumnya mengonfirmasi ketertarikannya pada pekerjaan Barca. "Saya ingin, tetapi itu hanya akan dikonfirmasi setelah saya menandatangani kontrak," kata pelatih berusia 57 tahun itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement