Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Jika Koeman Latih Barcelona, Messi akan Bertahan

Rabu 19 Aug 2020 06:18 WIB

Red: Endro Yuwanto

Ronald Koeman

Ronald Koeman

Foto: REUTERS/Dylan Martinez
Koeman akan membangun skuat Barca dengan Lionel Messi ada di dalamnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ronald Koeman akan menjadi pelatih Barcelona berikutnya. Presiden Barca Josep Maria Bartomeu menyatakan, pelatih asal Belanda itu akan membangun timnya dengan Lionel Messi ada di dalamnya.

Koeman, yang disanjung para penggemar Barca karena mempersembahkan Piala Eropa pertama klub ini sewaktu menjadi pemain, ditugaskan membangun kembali klub setelah dihancurkan 2-8 oleh Bayern Muenchen pada perempat final Liga Champions, Jumat pekan lalu.

"Jika tak ada aral melintang, maka kami akan mengumumkan Koeman sebagai pelatih kami berikutnya dan dia akan memimpin tim dan para pemain ini melangkah maju dengan jenis proyek yang berbeda, yang dipimpin oleh seorang pelatih yang dikenal oleh semua penggemar Barca," kata Bartomeu dalam wawancara dengan saluran televisi resmi klub ini seperti dilansir Reuters, Selasa (18/8).

Kedatangan Koeman dalam waktu dekat akan menjadi fase ketiga dari restrukturisasi klub yang dimulai dengan pemecatan Quique Setien pada Senin dan dilanjutkan Selasa ketika direktur olahraga Eric Abidal setuju mengakhiri kontraknya.

Koeman yang kini berusia 57 tahun, tiba di Barcelona Selasa setelah menghabiskan pagi hari di markas Belanda untuk merundingkan pembebasan dari kontraknya dengan tim nasional yang dia latih sejak 2018 dan membawanya lolos ke Euro 2020.

Koeman dikenang di Barca karena peran yang dia mainkan saat tim asuhan Johan Cruyff yang sukses besar dan dikenal sebagai the Dream Teams. Ia mencetak satu-satunya gol melawan Sampdoria pada final Piala Eropa 1992.

Bek ini kemudian menjadi asisten pelatih Barca sebelum memulai karier pelatih kepala dengan memimpin tiga klub Belanda Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, dan Feyenoord ditambah Southampton dan Everton dari Liga Primer dan Valencia di La Liga Spanyol.

"Kami bertaruh padanya karena kami kenal sekali dia, kami tahu bagaimana dia berpikir dan bagaimana timnya bermain. Namun juga karena pengalamannya dan karena dia berada dalam 'Tim Impian' Johan Cruyff. Dia tahu Barca dan bagaimana kami memahami sepak bola," jelas Bartomeu.

photo
Lionel Messi - (EPA-EFE/Manu Fernandez)

Bartomeu juga mengatakan kapten Barca, Lionel Messi, tidak akan meninggalkan klub dan akan menjadi bagian integral tim asuhan Koeman.

"Messi ingin mengakhiri kariernya di Barca. Dia telah mengatakan itu berkali-kali. Saya sudah berbicara dengan Koeman tentang dia dan dia mengatakan kepada saya bahwa Messi akan menjadi pilar proyeknya," kata Bartomeu. "Messi memiliki kontrak dengan Barca sampai 2021. Saya kerap berbicara dengan dia dan ayahnya dan mereka tahu kami memiliki proyek yang solid, bahwa pelatih baru akan datang dan bahwa dia (Messi) akan mengandalkan dia (pelatih baru itu)."

Bartomeu, yang pada Senin mengumumkan bahwa pemilihan presiden klub akan berlangsung Maret 2021, tiga bulan lebih awal dari rencana semula, juga membela kepemimpinannya di klub setelah menghadapi seruan mundur akibat kekalahan memalukan dari Bayern Muenchen.

"Kami mengalami krisis olahraga tetapi bukan krisis kelembagaan," tegas Bartomeu. "Kami memang memetik hasil sangat negatif di Liga Champions, namun klub ini berada dalam posisi yang baik secara sosial dan finansial."

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA