Selasa 18 Aug 2020 17:24 WIB

Trump Singgung Kemitraan Indonesia dalam Ucapan 17 Agustus

Donald Trump menyampaikan kemitraan strategis AS dan Indonesia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Presiden Donald Trump
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menyampaikan ucapan untuk peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Melalui surat resmi, dia menyinggung kemitraan kedua negara yang menjalankan sistem demokratis.

"Yang Terhormat Presiden Joko Widodo, atas nama Amerika Serikat, dengan penuh suka cita saya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan Rakyat Indonesia yang merayakan Hari Ulang Tahun  Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus," ujar Trump dalam surat resmi yang dibagikan oleh Kedutaan Besar AS untuk Indonesia.

Baca Juga

Trump menyinggung tentang kemitraan strategis antara AS dan Indonesia yang berakar pada nilai-nilai bersama, hubungan antarmasyarakat yang mendalam, dan hubungan perdagangan dan investasi yang dinamis. Kedua negara dinilai berkomitmen memajukan perdamaian dan kesejahteraan dunia.

"Melalui kerja sama untuk memajukan kepentingan kita berdasarkan nilai-nilai demokratis yang kita anut bersama tersebut, saya yakin bahwa kita mampu mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang benar-benar bebas dan terbuka," kata Trump.

Dalam pernyataan tersebut, Trump pun menyinggung tantangan yang sama-sama dihadapi oleh kedua negara. Penanggulangan pandemi virus corona, menurutnya, menjadi tantangan yang bisa memperdalam kerja sama antara Indonesia dan AS.

"Selamat kepada Anda dan seluruh rakyat Indonesia pada hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia dan saya ucapkan sukses selalu seiring perayaan hari yang istimewa ini," ujar Presiden AS tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement