Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Upacara HUT RI di Perbatasan Berlangsung Khidmat

Selasa 18 Aug 2020 03:52 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

HUT RI di Perbatasan Berlangsung Khidmat (ilustrasi)

HUT RI di Perbatasan Berlangsung Khidmat (ilustrasi)

Foto: info.kapuashulukab.go.id
Pembinaan nasionalisme melalui upacara merupakan hal yang harus dilakukan TNI.

REPUBLIKA.CO.ID,PUTUSSIBAU -- Dansatgas Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta mengatakan hingga saat ini masyarakat di daerah perbatasan memiliki jiwa nasionalisme yang kuat terhadap NKRI, dengan kondisi dan letak geografis yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, namun NKRI tetap di hati.

"Walau pun secara geografis masyarakat Badau berbatasan dengan negara Malaysia, namun hati dan jiwa mereka tetap merah putih," kata Hendra, setelah melaksanakan rangkaian peringatan HUT RI ke - 75 di Badau, perbatasan Indonesia - Malaysia, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (17/8).

Disampaikan Hendra, peringatan HUT RI di daerah perbatasan berjalan khimat, aman dan lancar, pelaksanaan upacara detik - detik proklamasi dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan dengan peserta upacara terbatas. Menurut dia, meski pun dalam situasi pandemi Covid-19, tetapi itu tidak menyurutkan semangat dan antusias warga perbatasan membuktikan bahwa merah putih selalu dalam jiwa.

"Kondisi yang terjadi dan momen-momen seperti ini merupakan bentuk bukti nyata bahwa masyarakat di perbatasan juga memiliki jiwa nasionalisme yang kuat terhadap NKRI," ucap Hendra.

Bahkan dalam rangkaian peringatan HUT RI ke - 75 juga masyarakat perbatasan sangat antusias mengibarkan bendera merah putih dan ikut serta dalam pengibaran bendera merah putih raksasa yang dilaksanakan beberapa hari lalu.

Pria lulusan Akmil 2002 itu juga mengapresiasi semangat masyarakat di wilayah perbatasan yang tetap antusias mengikuti peringatan detik - detik proklamasi dan upacara pengibaran bendera, meski dalam situasi pendemi Covid - 19.

"Sebagai penjaga pertahanan negara, pembinaan nasionalisme melalui upacara merupakan hal yang harus dilakukan TNI agar masyarakat turut serta dalam pemberdayaan wilayah pertahanan NKRI, sehingga tercipta Indonesia yang aman, damai, dan sejahtera," kata Hendra.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Koramil 04/Badau, kapolsek Badau, camat Badau, sektetaris camat Badau, kepala Bea Cukai, dan Imigrasi serta Karantina PLBN Badau.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA