Senin 17 Aug 2020 18:41 WIB

Cerita Sepeda Lipat 'Brompton' Merek Kreuz Milik Jokowi

Spek sepeda lipat Kreuz yang dipakai Jokowi sama dengan sepeda yang biasa diproduksi.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Friska Yolandha
Dua unit sepeda lipat Brompton  merek Kreuz  produksi Bandung yang digunakan oleh Presiden Jokowi, Senin (17/8).
Foto: Yudi Yudiantara.
Dua unit sepeda lipat Brompton merek Kreuz produksi Bandung yang digunakan oleh Presiden Jokowi, Senin (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun instagram miliknya mengunggah aktivitasnya sedang memakai sepeda lipat "Brompton" merek Kreuz buatan anak-anak Bandung. Sepeda lipat yang digunakannya berwarna merah putih dengan sebuah tas bergambar wayang yang disimpan di depan sepeda tersebut.

Salah seorang owner sepeda lipat Kreuz, Yud Yudiantara (50) bercerita beberapa bulan lalu, sekretaris pribadi (sekpri) presiden Jokowi menghubunginya untuk memesan dua unit sepeda tersebut. Usai sepeda dibuat, ia mengaku bertemu dengan sekretaris tersebut dan langsung memberikannya.

Baca Juga

"Proses pembuatan tiga bulan, soal harga nggak enak dibilang," ujarnya saat dihubungi, Senin (17/8). 

Ia mengungkapkan, harga untuk frame set sepeda sejenis berkisar Rp 3,5 juta. Namun jika full set, harganya bisa  berkisar dari Rp 10 hingga Rp 25 juta.

Menurutnya, sepeda yang dibuat untuk presiden Jokowi tidak jauh berbeda dengan sepeda yang diproduksi. Namun, perbedannya katanya terdapat tas yang disimpan di depan sepeda dengan gambar wayang yang dilukis.

"(Presiden) beli dua sama (buat) ibu," katanya. Ia melanjutkan, sepeda yang dipesan berwarna merah putih. 

Yudi mengatakan, presiden Jokowi konsen terhadap produk-produk lokal buatan Indonesia. Oleh karena itu, Presiden Jokowi berminat terhadap sepeda merek Kreuz.

Saat ini, ia melanjutkan, masyarakat yang memesan sepeda Kreuz harus menunggu hingga 2023. "Sudah full sampai 2023, jumlahnya ratusan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement