Senin 17 Aug 2020 16:26 WIB

Rayakan Hari Kemerdekaan, Warga Malaka Jaya Pakai Baju Adat

Salah seorang warga mengkoleksi baju adat dari berbagai daerah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Bilal Ramadhan
Warga Malaka Jaya, Jakarta Timur mengikuti upacara pengibaran bendera dengan memakai baju adat, Senin (17/8).
Foto: Meiliza Laveda
Warga Malaka Jaya, Jakarta Timur mengikuti upacara pengibaran bendera dengan memakai baju adat, Senin (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga RW 04 Kelurahan Malaka Jaya Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI dengan menggunakan baju adat di tengah pandemi. Upacara dihadiri oleh warga dari 13 RT Kelurahan Malaka Jaya.

Acara tersebut dimulai pada pukul 10.05 WIB. Adapun protokol kesehatan juga tetap dijaga. Para peserta upacara diwajibkan untuk mencuci tangan dan mengeceh suhu terlebih dahulu. Kemudian mereka berbaris dengan jarak yang telah diatur.

Ketua RW 4 Kelurahan Malaka Jaya, Sularto mengatakan giat upacara bendera untuk menumbuhkan rasa kebanggaan menjadi Warga Negara Indonesia. "Kita di RW 4 melaksanakan giat upacara bendera. Memang untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan warga akan keanekaragaman budaya Indonesia yang banyak ini. Jadi kami imbau pengurus RT dan warga yang bisa pakai pakaian daerah silahkan untuk tampil pada acara giat hari ini," kata Sularto pada Senin (17/8).

Kendati di tengah pandemi, Sularto tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dia juga bekerja sama dengan pengurus RT setempat dan warga untuk menyiapkan acara ini.

Salah seorang warga, Jimmy Sipahutar mengatakan dia sangat bersyukur masih dapat melaksanakan penghormatan di upacara ini. "Kita sebagai warga negara sangat bangga. Walaupun di tengah pandemi, kita sebagai warga masih bisa bersyukur melaksanakan penghormatan terhadap bendera kita sang merah-putih," ujar Jimmy.

Sularto mengenakan baju adat khas Dayak. Setiap tahun, Jimmy selalu menggunakan baju adat yang berbeda. Koleksi baju daerah yang dimiliki Jimmy memang belum banyak, namun dia sedang proses dalam penambahan jumlah koleksi baju daerah.

"Ini punya sendiri baju adatnya. Saya memang koleksi baju daerah. Masih sedikit punya tapi lagi ngoleksi. Target saya mau punya semua koleksi baju adat," tutur dia.

Dia berharap dengan diadakan upacara bendera menggunakan baju adat dapat menjaga kecintaan terhadap budaya Indonesia. Terutama bagi generasi muda yang akan menjaga dan mewarisi, tentu harus dilestarikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement