Senin 17 Aug 2020 12:23 WIB

Kala Kesultanan Seljuk Menjadi Boneka Bangsa Mongol

Seljuk terjerambab dalam penguasaan bangsa Mongol

Seljuk Mongol dalam sebuah pertempuran
Foto: wiikipedia
Seljuk Mongol dalam sebuah pertempuran

REPUBLIKA.CO.ID, -- Putra dan penerus Kılıç Arslan IV, Giyaseddin Keyhüsrev III, baru berusia 6 tahun ketika naik takhta.Akibatnya, bagi seorang bupati Pervane Muineddin Suleyman yang ambisius akan kekausaan menjadi mudah menguasainya.

Maka Keyhüsrev III hanya mampu mengklaim kedaulatan langsung hanya atas tanah di sekitar Konya saja. Sementara negara bagian Anatolia Seljuk lainnya sepenuhnya berada di bawah kendali bangsa Mongol.

Selama dekade berikutnya, Pervane berhasil mempertahankan tingkat stabilitas dan semi-kemerdekaan di bawah pasukan Mongol yang kuat. Namun, pada saat ini, Mamluk Sultan Baibars dari Mesir melakukan ekspedisi besar-besaran melawan orang-orang Latin, yang meninggalkan Kairo pada bulan Januari 1265. Mereka mengambil alih Kerajaan Armenia di Kilikia dan Antiokhia.

Menyadari hal itu Pervane muali bermanuver. Dia memutuskan untuk memanfaatkan kehadiran Mamluk. Pada tahun 1276, ia dengan berani mengadakan persekongkolan dengan Baibars untuk mengusir bangsa Mongol dari Asia Kecil dan menjadikan dirinya Sultan. Padhal Ilkhanid sangat ingin mempertahankan kekuasaan yang kuat di Anatolia, karena berfungsi sebagai zona penyangga antara Iran dan wilayah Suriah-Mesir dari musuh politik mereka.

Hulagu Khan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mamluk dan menerima rencananya. Pada saat yang sama, agen ganda Pervane ini terus meyakinkan orang Mongol bahwa mereka mendapat dukungan penuh dari Seljuk.

Bala tentara Baibars tiba dan mengalahkan Mongol di Elbistan pada 16 April 1277. Mereka menangkap dan membunuh sebagian besar komandan Mongol. Dia kemudian menduduki sementara Kayseri. Diketahui bahwa Baybars mendirikan kemah di Kayseri Sultan Han selama kampanyenya.

Lima hari kemudian, Baibars memasuki Konya, sementara Wazir Pervane melarikan diri dari Konya bersama dengan wazir Sahip Ata Fahrettin Ali dan berlindung di wilayah kekuasaannya di Tokat. Baibars kemudian memproklamasikan dirinya sebagai sultan Rum.

Sekretaris Baibar, Muhyi al-Din ibn'Abd al Zahir, menulis dalam Kehidupan gurunya bahwa Mamluk mengagumi gedung-gedung umum yang indah di Konya, serta kekayaan Pervane dan rekan-rekannya, yang sebagian besar sekarang telah jatuh ke dalam tangan mereka.

Namun  secara mengejutkan, seminggu kemudian, untuk beberapa alasan yang tidak diketahui, Baibars tiba-tiba meninggalkan Konya dan kembali ke Mesir. Beberapa berspekulasi bahwa dia kehilangan keberanian untuk berperang, meskipun itu mungkin hanya karena dia tidak percaya ada cukup persediaan di wilayah Konya untuk mendukung pasukannya.

Dengan demikian, ekspedisi Mamluk ke Anatolia kini berakhir sebagai demonstrasi kekuatan daripada invasi. Baibars meninggal segera setelah pulang ke Mesir, entah meninggal karena luka yang diderita di Anatolia atau karena meminum 'kumiz' beracun, sejnis minuman favorit pada zaman itu yang terbuat dari mare yang difermentasi susu.

Mongol invasions of Anatolia - Wikipedia

Ilkhanid sangat terguncang oleh perampokan terkenal yang dipimpin oleh Mamuk ke Anatolia pada tahun 1277, di mana mereka dikalahkan dalam Pertempuran Elbistan. Mereka tidak terbiasa kalah dalam pertempuran.

Bangsa Mongol tentu saja  bereaksi terhadap kemenangan Elbistan oleh Mamluk yang memimpin khan Mongol Abagha untuk melakukan ekspedisi ke Anatolia. Ketika Abagha tiba di Elbistan dan mereka melihat bukan mayat Seljuk yang membusuk di lapangan, dia mengerti bahwa sebenarnya Pervane tidak pernah mengirim Seljuk seperti yang dijanjikan untuk pertempuran.

Atas fakta itu Abagha kemudian menyalahkan Pervane atas dugaan pengkhianatan serta partisipasinya dalam pembunuhan Rukneddin Kiliç Arslan IV. Abagha mengadili dan menjatuhkan hukuman mati pada Pervane pada tahun 1277.

Setelah kematian Pervane, terjadi pergulatan dinasti, intrik, dan dekadensi yang terus-menerus. Giyaseddin Keyhüsrev III dihukum mati oleh bangsa Mongol pada tahun 1283.

Mengagumkan seperti yang terlihat dalam periode ketidakstabilan politik, desentralisasi pengadilan, kelaparan, perang dan pemberontakan, program pembangunan yang berkembang terus berlanjut. Itu termasuk Kesikköprü Han dan jembatan (1268), dan hans Durak, Eğret dan Çay; Sahibiye Medrese di Kayseri (1268), Gök Medrese di Sivas (1271), dan Afyon Ulu Cami (1273). Orang-orang Mongol juga melakukan kegiatan konstruksi, membangun Medra Çifte Minare dan Muzzafer Barucirdi di Sivas, dan Makam Gök Medrese dan Torumtay di Amasya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement