Senin 17 Aug 2020 06:46 WIB

IKA Undip Gelar Diponegoro Fun Run Virtual 2020

kegiatan akan digelar pada 3 Oktober mendatang.

IKA Undip gelar Diponegoro Fun Run Virtual 2020
Foto: istimewa
IKA Undip gelar Diponegoro Fun Run Virtual 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ikatan Keluarga Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) memastikan akan tetap menggelar kegiatan Diponegoro Fun Run Virtual 2020. HIngga saat ini sudah ada 3 ribu orang mendaftarkan diri untuk kegiatan yang akan digelar pada 3 Oktober mendatang.

"Kami hanya merubah format acara menjadi virtual. Namun, tidak mengurangi esensi kegiatan, dimana kita mau mengajak seluruh masyarakat untuk hidup sehat melalui lari sebagai olahraga yang murah, meriah, dan menyehatkan," ujar Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, ketua panitia Diponegoro Fun Run Virtual 2020, dalam keterangannya kepada Republika.co.id di Jakarta, Senin (17/8).

Kresno menjelaskan kegiatan ini nantinya peserta dibagi ke dalam dua kategori, ada yang 2,5 kilometer dan 5 kilometer. "Nantinya peserta akan merekam sendiri dan mengirimkan ke panitia lomba. Selain medali, nanti peserta juga akan mendapatkan kaos lomba dan paket-paket menarik dari para sponsor," ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut Kresno, tercatat sudah lebih dari 3.000 orang yang mendaftar. "Kemungkinan jumlah peserta akan lebih banyak karena pendaftaran masih dibuka," jelasnya.

Sementara itu Otty Hari Chandra Ubayani, wakil ketua Panitia Diponegoro Fun Run Virtual 2020 menambahkan acara ini sejatinya dilakukan pada 21 Maret 2020, namun karena keburu dilanda pandemi Covid-19, mau tidak mau  diundur, hingga 3 Oktober 2020.

"Ini merupakan terobosan yang dilakukan para alumni, dimana meski ditengah pandemi, namun berbagai kegiatan, apalagi yang sudah menjadi agenda rutin tahunan, seperti Fun Run, tetap dijalankan dengan format virtual," katanya.

Peserta merekam hasil kegiatan lari pada aplikasi perekam lari, dan mengirimkan hasil rekaman serta foto kepada panitia. Peserta yang sudah mengirimkan foto dan hasil rekaman lari kepada panitia, akan memperoleh e-certificate. Periode lari akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 18 Oktober 2020. Peserta wajib men-submit hasil rekaman lari dan foto kepada panitia, juga di tanggal tersebut.

Sebelumnya, panitia akan memberikan Racepack yang berisi kaos, medali, BIB, buku panduan, dan beberapa produk sponsor, pada September 2020 di Semarang dan Jakarta. Untuk pendaftar yang berasal dari luar kota Jakarta dan Semarang, racepack akan dikirim melalui jasa ekspedisi.

Otty memastikan para peserta akan mendapatkan banyak hal menarik, termasuk dari sejumlah sponsor. "Kalau dulu, pelaksanaan acara yang terpusat di satu tempat, peserta banyak terkendala soal transportasi dan akomodasi. Dengan model virtual sekarang, tidak ada kendala lagi, karena peserta cukup mendaftar dan bisa berlari mandiri di tempatnya masing-masing," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement