Ahad 16 Aug 2020 16:05 WIB

Puncak Kejayaan Seljuk Rum dan Era Monumen Arsitektur

Puncak kejayaan Kesultanan Seljuk

Bangunan kejayaan Seljuk yang masih ada hingga sekarang.
Foto: google.com
Bangunan kejayaan Seljuk yang masih ada hingga sekarang.

REPUBLIKA.CO.ID -- Alaeddin Keykubad I (1219-1237) adalah berada dalam puncak periode kejayaan Seljuk dari Rum. Pada eranya munculah berbagai bangunan atau  monumen arsitektur legendaris.

Sultan inilah yang menciptakan kemuliaan bagi Seljuk melalui kekuatan ekonomi dan politiknya.

Alaeddin Keykubad kimdir? İşte hayatı hakkında bilgiler

Setelah kematian Izzeddin Keykavüs, Alaeddin Keykubad, yang menghabiskan masa mudanya di Tokat, dibebaskan dari penjara. Dia bersekutu dengan para amir yang kuat, ia menggantikan saudaranya sebagai sultan pada tahun 1219. Pemerintahannya adalah yang paling cemerlang dari seluruh dinasti Seljuk: itu disaksikan ekspansi teritorial terbesar, perusahaan komersial dan aktivitas pembangunan. Hanya dalam 20 tahun ia menempa periode kejayaan yang tak tertandingi, dalam pertumbuhan militer, budaya dan ekonomi.

Pemimpin yang percaya diri dan serba bisa ini adalah ahli kaligrafi, atlet, juru gambar dan tukang kayu yang sangat baik, serta administrator yang bijak dan komandan militer yang kuat. Pasukannya tidak tahu apa-apa selain kesuksesan selama lebih dari 15 tahun, dengan penggabungan semua wilayah Anatolia (dengan pengecualian wilayah Diyarbakir), ke tangan Seljuk. Dia mendorong pertanian dan membangun kilang gula dan mengembangkan Sivas menjadi salah satu pusat perdagangan terpenting di seluruh Levant.

Kemenangan besar pertamanya adalah merebut pelabuhan Mediterania Kalonoros (Alanya) dari penguasa Kerajaan Cilician di Armenia Kecil. Dia menamainya Alaiye dan mengubahnya menjadi pangkalan angkatan laut serta kediaman musim dinginnya. Kemudian, ia melakukan kampanye untuk merebut benteng Kahta (1222), Erzincan (1230), Erzurum (1230) dan Çemişkezek, serta Harput, Urfa dan Ahlat. Dia memahami potensi bahaya bangsa Mongol, dan memperkuat tembok kota kota-kota di dunia nyata dan memperkuat perbatasan timur.

Dia juga memajukan posisi politiknya dengan serangkaian pernikahan diplomatik untuk meningkatkan hubungan dengan kelompok saingan: Alaeddin Keykubad I menikah dengan putri Armenia Mahperi Huand pada 1221 dan ratu Ayyubiyah Melike Hatun pada 1227.

File:Alâeddin Keykubad (Alanya).jpg - Wikimedia Commons

Namun, program pembangunannya tetap menjadi wasiatnya yang paling abadi. Dia meningkatkan kebijakan ganti rugi ayahnya dan memperkenalkan semacam asuransi komersial untuk pedagang. Dia memperbaiki jalan, dan membangun berbagai jalan berukuran sangat besar. Dia mengkonsolidasikan tembok kota Kayseri dan Sivas. Ia mengembangkan kota Konya dengan membangun tembok kota, pemandian air panas, dan Istana di Bukit Benteng.

Menara Merah dan Persenjataannya di Alanya, dibangun pada 1221, adalah contoh arsitektur militer yang luar biasa. Dia juga menugaskan amirnya dengan tugas berpartisipasi dalam proyek pembangunan yang ambisius, menghasilkan monumen seperti Masjid Alaeddin di Niğde.

Alaeddin memerintahkan pembangunan Sultan Han antara Konya dan Aksaray pada 1229, Karatay Han, Sultan Han di jalan Sivas-Kayseri pada 1232, Alara Han dekat Antalya, Zazadin Han, Çardak Han, Kadin Han, Ertokuş Han, Eğridir Han, Eshab-i Keyf Han dan Ağzikara Han. Dia juga membangun banyak jembatan yang masih berdiri sampai sekarang, serta Istana Keykubadiyye dekat Kayseri dan Istana Kubadabad yang mewah di Danau Beyşehir.

Alanya Kalesi (Alaile Kalesi) Nerededir – Alanya Kalesinin Tarihi ...

Alaeddin meninggal pada usia 45 tahun, pasti karena keracunan yang disengaja, pada hari ketiga liburan setelah akhir Ramadhan, pada 30 Mei 1237. Dia meninggal dalam pesta yang diadakan untuk utusan dari Mongol Khan Agung, dengan siapa dia berusaha untuk menengahi perjanjian non-agresi.

Dia meninggal di puncak kejayaan, dan terhindar dari menyaksikan kehancuran kerajaannya oleh para perampok Mongol dari timur yang sudah mengumpulkan badai untuk menyerbu menyerang Anatolia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement