Sabtu 15 Aug 2020 14:16 WIB

India Siap Produksi Massal Vaksin Covid-19

Sebanyak tiga vaksin Covid-19 sedang diuji di India

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri India Narendra Modi
Foto: AP Photo
Perdana Menteri India Narendra Modi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan negaranya siap memproduksi vaksin Covid-19 secara massal.  Hal itu akan dilakukan jika para ilmuwan telah memberi lampu hijau.

"Tidak satu, bukan dua, sebanyak tiga vaksin Covid-19 sedang diuji di India," kata Modi saat menghadiri acara peringatan kemerdekaan India ke-73 di Red Fort, New Delhi, pada Sabtu (15/8).

Dia menjelaskan, selain ekonomi, kemandirian kesehatan juga masuk dalam prioritas pemerintahannya. “Seiring dengan produksi massal, peta jalan distribusi vaksin ke setiap orang India dalam waktu sesingkat mungkin juga sudah siap,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Modi turut meluncurkan National Digital Health Mission. Tujuannya adalah mencatat setiap tes kesehatan, penyakit, pengobatan, dan detail lainnya dari setiap warga India ke dalam satu identitas kesehatan. “Baik itu membuat janji dengan dokter, menyetorkan uang, atau mencari dokumen di rumah sakit, misi akan membantu menghilangkan semua tantangan seperti itu,” ucapnya.

Saat ini India menempati posisi ketiga sebagai negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Ia memiliki lebih dari 2,5 juta kasus dengan korban meninggal melampaui 49 ribu jiwa.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement