Jumat 14 Aug 2020 19:30 WIB

Syekh Ahmad Yasin Hamas Pakai Kursi Roda, Ini Sebabnya

Syekh Ahmad Yasin menggunakan kursi roda semasa hidupnya.

Syekh Ahmad Yassin menggunakan kursi roda semasa hidupnya. Syekh Ahmad Yassin.
Foto: AP
Syekh Ahmad Yassin menggunakan kursi roda semasa hidupnya. Syekh Ahmad Yassin.

REPUBLIKA.CO.ID, Syekh Ahmad Yassin meninggal dunia Senin, 22 Maret 2004. Helikopter tempur Israel menembakkan rudal saat dia sedang melaksanakan sholat Subuh. Semasa hidupnya, almarhum mendedikasikan hidupnya untuk perjuangan kemerdekaan Palestina.  

Syekh Yassin memiliki empat saudara laki-laki dan dua saudara perempuan. Dia dan seluruh keluarganya melarikan diri ke Gaza, menetap di al-Shati Camp setelah desanya dikepung Angkatan Pertahanan Israel selama Perang Arab-Israel 1948.

Baca Juga

Yassin datang ke Gaza sebagai pengungsi. Ketika berusia 12 tahun, ia menderita cedera tulang belakang yang parah saat bergulat dengan temannya Abdullah al-Khatib.

Lehernya harus menggunakan alat bantu selama 45 hari. Kerusakan saraf tulang belakang membuat Syekh Yassin menderita Paraplegia (hilangnya kemampuan menggerakkan anggota tubuh bagian bawah). Akibatnya, ia harus menggunakan kursi roda di sisa hidupnya.

Khawatir akan hubungan yang kurang baik antara keluarganya dan al-Khatib, Syekh Yassin memberitahu keluarganya bahwa ia menderita luka saat bermain lompatan saat pelajaran olahraga dengan teman-teman sekolahnya di pantai.

Kondisi kesehatan yang memburuk ini membuat Yassin harus berhenti dari pendidikannya di Universitas al-Azhar  Kairo. Yassin terpaksa harus belajar di rumah.

Dia mulai membaca banyak buku mulai dari hal-hal filosofis dan agama, politik, sosiologi, dan ekonomi. Pengikutnya percaya bahwa pengetahuan duniawinya membuat Yassin menjadi salah satu pembicara terbaik di Jalur Gaza. Khutbahnya selalu dihadiri banyak jamaah.

Setelah bertahun-tahun tanpa pekerjaan, Syekh  Yassin akhirnya diterima sebagai guru bahasa Arab di sebuah sekolah dasar di Rimal, Gaza. Kepala Sekolah Mohammad al-Shawa awalnya sempat khawatir apakah Yassin akan diterima muridnya karena kondisi fisiknya yang berbeda dari guru lainnya.

Kekhawatiran al-Shawa menghilang. Yassin mampu menangani muridnya dengan baik. Bahkan popularitasnya sebagai guru baru semakin meningkat. Metode mengajar yang dilakukan Yassin memicu reaksi beragam.

Orang tua mendorong agar siswa mendapat kelas tambahan di masjid sepekan dua kali. Memiliki pekerjaan membuat keuangan Yassin menjadi stabil. Akhirnya, pada 1960 atau saat berusia 22 ia menikah. Ia dan istri dikaruniai sebelas anak.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement