Jumat 14 Aug 2020 07:15 WIB

Grizzlies Kunci Tempat di Play-in NBA, Suns Tunggu Blazers

Play-in adalah pertarungan tim peringkat sembilan dengan delapan wilayah NBA.

Forward Memphis Grizzlies Jaren Jackson Jr membawa bola (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Eric Gay
Forward Memphis Grizzlies Jaren Jackson Jr membawa bola (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memphis Grizzlies mengunci satu tempat di laga play-in Wilayah Barat NBA, sedangkan Phoenix Suns yang juga menang di pertandingan seeding game terakhir harus menunggu hasil yang diperoleh Portland Trail Blazers. Pada waktu bersamaan, kemenangan Grizzlies dan Suns membuat San Antonio Spurs yang baru akan menjalani pertandingan mereka sudah tak punya peluang untuk terlibat laga play-in, demikian catatan laman resmi NBA.

Play-in adalah pertarungan tim peringkat sembilan dengan delapan wilayah untuk memperebutkan tiket play-off. Tim peringkat sembilan harus menang dua kali untuk lolos, sementara tim peringkat sembilan hanya butuh satu kemenangan.

Baca Juga

Grizzlies membukukan kemenangan cukup mudah dengan skor 119-106 atas Milwaukee Bucks di VISA Athletic Center, Florida, Jumat (14/8) dini hari WIB. Menghadapi Bucks yang tak diperkuat bintangnya, Giannis Antetokounmpo, lantaran pebasket Yunani itu menanduk lawannya di pertandingan sebelumnya, Grizzlies tampil memimpin sejak lemparan mula hingga bel tanda laga usai berbunyi.

Jonas Valanciunas dan Ja Morant sama-sama mencapai raihan triganda dalam laga tersebut untuk menyokong kemenangan Grizzlies, masing-masing lewat 26 poin, 19 rebound dan 12 assist serta 12 poin, 13 rebound dan 10 assist.

Dillon Brooks turut membantu lewat 31 poin yang diborongnya, diikuti kontribusi masing-masing 10 poin dari Kyle Anderson dan Brandon Clarke.

Sedangkan Bucks ditopang oleh Brook Lopez yang mengemas 19 poin dan sembilan rebound serta Frank Mason yang mencetak 18 poin.

Kemenangan itu mengunci satu spot di laga play-in bagi Grizzlies, entah sebagai peringkat kedelapan ataupun peringkat kesembilan klasemen akhir Wilayah Barat. Jika jadi peringkat kedelapan, Grizzlies selanjutnya hanya butuh menang sekali di fase play-in untuk lolos ke babak play-off.

photo
Ranking NBA - ESPN

Nasib Suns di tangan Blazers

Dalam laga lain yang berlangsung hampir bersamaan di AdventHealth Arena, Suns melanjutkan catatan sapu bersih mereka dengan mengantungi kemenangan kedelapan dari delapan pertandingan di gelembung NBA.

Lawan mereka, Dallas Mavericks, memang melakukan rotasi yang cukup fleksibel dan hal itu dimanfaatkan Suns untuk mendominasi pertandingan sejak awal hingga akhir untuk membukukan kemenangan 128-102.

Devin Booker kembali memimpin Suns lewat catatan 27 poin, tujuh rebound dan lima assist, diikuti 16 poin Dario Saric serta masing-masing 15 poin dari Cameron Johnson dan Cameron Payne.

Di kubu Mavericks, Boban Marjanovic mengemas dwiganda 18 poin dan 20 rebound, Luka Doncic mencetak 18 poin dan Justin Jackson menyumbangkan 13 poin.

Hasil itu menjaga asa Suns untuk meraih satu tempat di fase play-in, asalkan Blazers gagal mengalahkan Brooklyn Nets dalam laga yang baru berlangsung beberapa jam berselang.

Jika Blazers kalah, maka Suns akan merebut peringkat kesembilan klasemen akhir dan harus dua kali mengalahkan Grizzlies di fase play-in untuk bisa tampil di playoff.

Sedangkan apabila Blazers menang, Suns pulang dari Orlando dengan modal yang cukup meyakinkan menyongsong musim baru sebagai tim yang tak lagi bisa diremehkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement