Kamis 13 Aug 2020 16:57 WIB

UMS Guru Besar ke-30 secara Daring dan Luring

Ini merupakan pengukuhan guru besar secara daring yang dilakukan UMS

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengukuhkan Guru Besar yang ke-30, Taufik Kasturi, sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Psikologi, secara daring dan luring, Kamis (13/8).
Foto: dok. Humas UMS
Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengukuhkan Guru Besar yang ke-30, Taufik Kasturi, sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Psikologi, secara daring dan luring, Kamis (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengukuhkan Guru Besar yang ke-30, Taufik Kasturi, sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Psikologi, secara daring dan luring, Kamis (13/8). Upacara pengukuhan dilangsungkan di Auditorium Moh Djazman UMS, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Ini merupakan pengukuhan guru besar secara daring yang dilakukan UMS dan menjadi kampus swasta di Jawa Tengah untuk pertama kalinya. Tamu undangan dapat menyaksikan seremoni pengukuhan melalui platform YouTube TV UMS serta aplikasi zoom meeting.

Taufik menyampaikan pidato pengukuhan berjudul "Psikologi Akhlaqul Karimah Untuk Peningkatan Kualitas Diri, Keluarga dan Masyarakat". Menurut Taufik, untuk meningkatkan kualitas keluarga dan masyarakat, harus dimulai dari diri sendiri dengan belajar melakukan Akhlaqul Karimah dalam kehidupan sehari-hari.

"Peningkatan kualitas diri menjadi titik awal bagi peningkatan kualitas keluarga dan masyarakat. Tidaklah mungkin kita bisa meningkatkan kuakitas keluarga manakala diri kita tidak berkualitas" ujar Taufik dalam pidatonya, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika.

Setelah merampungkan pidatonya, Rektor UMS mengalungkan samir berwarna ungu sebagai simbol telah dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Psikologi umum. Rektor UMS, Sofyan Anif, mengucapkan selamat kepada Taufik Kasturi atas raihan gelar guru besarnya. Rektor juga mengapresiasi judul pidato yang disampaikan Taufik tentang Psikologi Akhlaqul Karimah.

"Di tengah kondisi bangsa yang masih selalu diserang krisis moral, judul dari pidato pengukuhan Prof Taufik sangat sesuai. Ternyata Aklaqul Karimah bisa dipelajari dari aspek psikologi. Saya menunggu ke depan, Prof Taufik juga meneliti tentang Psikologi keluarga sakinah, mawadah, wa rahmah," terang Rektor UMS.

Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah Sugiharto, dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, turut memyampaikan ucapan selamat dalam sambutannya.

Selain menjadi Dosen di Fakultas Psikologi, Taufik juga menjabat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengkaderan UMS. Dia menjadi alumni psikologi UMS pertama yang meraih gelar guru besar bidang Psikologi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement