Kamis 13 Aug 2020 15:18 WIB

Bantuan Subsidi Gaji dan Usaha Mikro Cair Bulan Ini

Pemerintah juga tengah mematangkan subsidi pulsa untuk tenaga pendidik dan siswa.

Rep: M Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengatakan pemerintah memberikan dua percepatan program yang diyakini bermanfaat untuk masyarakat akibat pandemi.
Foto: Dok. Kementerian BUMN
Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengatakan pemerintah memberikan dua percepatan program yang diyakini bermanfaat untuk masyarakat akibat pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengatakan pemerintah memberikan dua percepatan program yang diyakini bermanfaat untuk masyarakat akibat pandemi. Ditargetkan, seluruhnya akan cair pada bulan ini sehingga dapat segera dimanfaatkan penerima.

Pertama, program subsidi gaji yang jumlahnya ditingkatkan dari 13,8 juta yang akan mendapatkan menjadi 15,7 juta orang. Erick menyebut program ini mendapatkan respons yang baik, yang mana sudah terdapat 7 juta pendaftar. Data tersebut berasal dari BPJS Ketenagakerjaan yang disinkronisasi dengan data Kementerian Ketenagakerjaan.

"Insya Allah ini akan didistribusikan akhir bulan, tinggal tunggu arahan bapak presiden," ujar saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/8).

Erick menyampaikan bantuan yang diberikan kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta akan membantu para buruh yang juga mengalami terdampak pandemi. "Kalau kita bicara Rp 5 juta ke bawah, alhamdulillah buruh-buruh sekarang dapat juga yang selama ini mempertanyakan kebijakan atau kepentingan pemerintah kepada buruh, hari ini dilaksanakan banyak sekali buruh terbantu dengan program ini," lanjut Erick. 

Selain itu, ucap Erick, pemerintah juga meluncurkan bantuan produktif untuk 12 juta usaha mikro. Tahap awal akan diberikan kepada 9,1 juta usaha mikro dengan nilai Rp 2,4 juta per usaha mikro.

"Ini juga akan diluncurkan bulan ini," ungkap Erick. 

Erick menambahkan, pemerintah juga tengah mematangkan skema bantuan subsidi pulsa kepada para dosen, guru, mahasiswa, dan murid. Hal ini masih dalam pembahasan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemenkominfo, dan juga Kemenkeu. 

"Saya tidak akan menyampaikan sebelum ini disepakati bersama-sama karena komite ini tidak memegang uang dan programnya, tapi kita memastikan percepatan dukungan dan sinkronisasi," kata Erick menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement