Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Gunung Sinabung Erupsi Tiga Kali

Kamis 13 Aug 2020 14:09 WIB

Red: Esthi Maharani

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi

Foto: Antara/Sastrawan Ginting
Gunung Sinabung sejak Kamis (13/8) pagi mengalami erupsi tiga kali

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN  - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, sejak Kamis (13/8) pagi mengalami tiga kali erupsi dengan tinggi kolom abu 1.000 hingga 2.000 meter.

Menurut laporan petugas Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung yang dikutip dalam siaran pers Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tiga letusan yang terjadi sejak pagi beramplitudo15 sampai 20 mm dan berdurasi 416-1.035 detik.

Laporan petugas pos pengamatan juga menyebutkan bahwa asap kawah gunung api itu bertekanan lemah hingga sedang, berwarna putih dan kelabu tebal, dan tingginya 1.000 hingga 2.000 meter. Selain itu, pos pengamatan merekam kejadian gempa tremor menerus dengan amplitudo 0.5 sampai 9 mm di gunung api tersebut.

Gunung Sinabung saat ini berada dalam Status Level III (Siaga). PVMBG menyarankan warga dan wisatawan tidak melakukan aktivitas di area dalam radius radial tiga km dari puncak gunung serta radius sektoral lima km untuk sektor selatan-timur, dan empat km untuk sektor timur-utara.

Guna menghindari dampak abu vulkanik dari Gunung Sinabung, warga disarankan mengenakan masker serta mengamankan sarana air bersih. Warga yang berada dan bermukim di dekat aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diminta mewaspadai bahaya lahar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA