Rabu 12 Aug 2020 23:55 WIB

Karang Taruna Sleman Diminta Kampanye Disiplin Bermasker

Di masa pandemi Covid-19 ini, peran Karang Taruna sangat dibutuhkan

Bupati Sleman, Sri Purnomo,
Foto: Dok Pemkab Sleman
Bupati Sleman, Sri Purnomo,

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo meminta Karang Taruna berperan aktif melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk patuh protokol kesehatan. Sosialisasi ini terutama disiplin menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Karang Taruna yang mampu menggerakkan generasi muda. Maka Karang Taruna Sleman diharapkan bisa memanfaatkan momentum ini untuk mengkampanyekan tata cara kehidupan baru dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat sesuai protokol kesehatan yang ada," kata Sri Purnomo saat meresmikan Gedung Sekretariat Karang Taruna Slemandi Sleman, Rabu (12/8).

Baca Juga

Menurut dia, di masa pandemi Covid-19 ini, peran Karang Taruna sangat dibutuhkan dalam mengampanyekan upaya-upaya penanganan Covid-19.

Pemkab Sleman terus mengedukasi masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebelumnya Bupati Sleman juga menyatakan bahwa Pemkab Sleman belum memberlakukan sanksi bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker di tempat umum, karena lebih memprioritaskan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk disiplin menggunakan masker.

"Sebelum memberlakukan Peraturan Presiden tentang tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, memberikan edukasi dan sosialisasi jauh lebih penting sebelum menerapkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan," katanya.

Menurut dia, ke depan jika memang dibutuhkan sanksi sosial lebih tepat untuk memberikan efek jera. "Selain hasilnya bermanfaat untuk orang lain, menjadi edukasi buat pelanggar, misal dalam bentuk kerja bakti bersih-bersih lingkungan," katanya.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Sleman yang dikoordinir Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) membagikan masker secara serentak di 17 Kecamatan sebagai salah satu bentuk upaya mencegah penyebaran atau penularan Covid-19.

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan secara serentak pada hari ini tersebut juga bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia.

"Dengan kegiatan pembagian masker ini, diharapkan masyarakat lebih disiplin dalam mengenakan masker," kata Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Sleman Arif Pramana.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement