Rabu 12 Aug 2020 15:01 WIB

Guru Berhijab Dinobatkan sebagai Guru Terbaik Minnesota 2020

Qorsho Hassan teah menjadi guru selama delapan tahun.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Guru Berhijab Dinobatkan sebagai Guru Terbaik Minnesota 2020. Seorang guru Muslim berhijab asal Somalia di Minnesota, Amerika Serikat, Qorsho Hassan, meraih penghargaan sebagai Guru Terbaik 2020.
Foto: Sahan Journal
Guru Berhijab Dinobatkan sebagai Guru Terbaik Minnesota 2020. Seorang guru Muslim berhijab asal Somalia di Minnesota, Amerika Serikat, Qorsho Hassan, meraih penghargaan sebagai Guru Terbaik 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MINNESOTA -- Seorang guru Muslim berhijab asal Somalia di Minnesota, Amerika Serikat, meraih penghargaan sebagai Guru Terbaik 2020. Qorsho Hassan (30 tahun) meraih penghargaan besar tersebut atas upaya selama beberapa tahun terakhir.

Hassan merupakan guru kelas empat di Sekolah Dasar Echo Park di Rosemount-Apple Valley-Eagan School District. Ia berhasil mencapai tingkat siswa yang luar biasa sembari memastikan muridnya menerapkan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan.

Baca Juga

"Ini sangat berarti. Ini begitu resmi," kata Hassan terkait penghargaan tersebut, sebagaimana dilaporkan Twin Cities.com, dilansir di About Islam, Selasa (11/8).

Hassan telah mengajar selama delapan tahun. Karena itu, ia memuji kesuksesannya itu kepada para siswanya. Menurutnya, para siswanya itulah yang menjadi alasannya dipilih sebagai penerima penghargaan Guru Terbaik Tahun Ini.

"Saya tidak memiliki guru yang mewakili, dan saya selalu ingin sekali mengajar orang lain dan menjadi apa yang saya butuhkan ketika saya tumbuh dewasa," ujarnya.

Hassan  tumbuh besar di Ohio sebagai seorang gadis Muslim. Hassan pertama kali dipilih April lalu oleh Education Minnesota, serikat guru negara bagian, sebagai salah satu dari 10 finalis untuk penghargaan Teacher of the Year dari 134 nominasi.

Sebelumnya pada November lalu, Kinect Education Group mengakuinya sebagai "Pemimpin Ekuitas Terbaik". Dengan keberhasilan ini, Hassan bergabung dalam daftar banyak guru Muslim yang telah memenangkan penghargaan atas upaya mereka.

Penghargaan yang diraih Hassan ini mendapat ucapan selamat dari Gubernur Minnesota Tim Walz. Walz juga seorang guru sebelum terjun ke dunia politik. Ia mengucapkan selamat kepada Hassan di Twitter.

"Terima kasih telah memastikan setiap siswa yang memasuki kelas Anda dapat memiliki masa depan yang cerah dan kesempatan untuk sukses," tulis Walz.

Pada Mei 2020, seorang kepala sekolah Muslim di Inggris berusia 32 tahun menjadi yang termuda yang sekolahnya dinilai luar biasa oleh Ofsted, badan pengawas sekolah Inggris. Pada 2017, guru Muslim Nigeria Zannah Mustapha memenangkan penghargaan bergengsi UNHCR Nansen Refugee Award sebagai pengakuan atas upayanya mendidik anak yatim dari para pejuang Islam dan tentara Nigeria. Sebelumnya, pada 2016 seorang guru Muslim Kenya juga masuk dalam daftar 10 besar finalis untuk penghargaan tahunan US Global Teachers Prize.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement