Rabu 12 Aug 2020 15:44 WIB

Saat Pepsi dan Coca Cola Diuji Coba di Ruang Angkasa

Pepsi dan Coca Cola dibawa dalam misi Challenger untuk diminum di ruang angkasa.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Astronot Tony England meminum Pepsi dari ruang angkasa.
Foto: nasa
Astronot Tony England meminum Pepsi dari ruang angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kompetisi antara Coca Cola dan Pepsi tidak hanya terjadi soal angka-angka penjualan saja. Kompetisi kedua merek minuman bersoda itu juga telah mencakup teknologi kaleng sehingga bisa diminum dari luar angkasa.

Coca Cola menjadi perusahaan pertama yang mendekati Badan Antariksa AS (NASA) untuk menguji dispenser soda di pesawat ruang angkasa. Dalam gaya berat mikro, cairan berperilaku tidak sama seperti di Bumi. Diperlukan mekanisme untuk mendorong atau mengeluarkan cairan keluar dari wadah.

Baca Juga

Coca-Cola menginvestasikan sekitar seperempat juta dolar untuk mengadaptasi agar minumannya bisa dibuka di ruang angkasa. Coca Cola memodifikasi salah satu kaleng aluminiumnya untuk menampung kantong plastik berlapis berisi soda. Kaleng itu ditutup dengan katup logam dan cerat minum.

Saat Pepsi mendapat kabar bahwa Coca-Cola akan pergi ke luar angkasa, perusahaan juga meminta ikut dimasukkan dalam misi NASA. NASA setuju, dengan syaratnya Pepsi harus dapat mengembangkan dan mengirimkan dispenser tepat waktu.

Untuk kalengnya, Pepsi memodifikasi desain yang ada dan mengembangkan dengan biaya hingga 14 juta dolar AS. Mirip dengan dispenser yang digunakan untuk mengemas keju semprot atau krim kocok, kemasan Pepsi juga dapat menggunakan kantong berisi karbon dioksida untuk mengeluarkan soda, tetapi alih-alih diberi tekanan sebelumnya, Pepsi menggunakan bahan kimia untuk menghasilkan gas.

Penelitian luar angkasa

Spesialis muatan penerbangan dari pesawat ulang alik Challenger bernama John-David Bartoe pada 1985 adalah salah satu astronot yang meminum Coca Cola dan Pepsi di luar angkasa.

“Ini dimulai sebagai proyek penelitian yang sangat serius untuk Coca-Cola. Perusahaan ingin melihat apakah mereka dapat mengembangkan kaleng yang dapat mengeluarkan minuman berkarbonasi di luar angkasa seperti jika Anda meminumnya di sini di Bumi,” ujar Bartoe, dilansir Collect Space, Rabu (12/8).

Bartoe mengatakan kaleng Pepsi dibuat pada menit-menit terakhir dengan terburu-buru. Kaleng ini hampir tidak berteknologi tinggi dan lebih seperti kaleng krim kocok dengan tab putih kecil di ujungnya.

NASA berusaha mengecilkan sifat komersial muatan dengan membawa Coca Cola dan Pepsi ke luar angkasa. NASA menyebut kaleng Coca-Cola dan Pepsi sebagai Evaluasi Kontainer Minuman Berkarbonasi (CBCE). Penelitian mengenai kaleng mana yang lebih bagus antara Coca Cola dan Pepsi tidak menjadi fokus utama. Fokus utama para astronaut STS- Misi 51F adalah memajukan studi tentang matahari, atmosfer, dan astro-fisika.

Aturan penelitian

Sebelum peluncuran, empat kaleng masing-masing perusahaan dikemas di atas pesawat ulang-alik dan NASA. Para astronot menyetujui beberapa peraturan. Saat memulai, kru astronot akan membatasi kritik apa pun pada bagaimana kaleng berfungsi dan menghindari mengomentari rasa minuman di dalamnya, terutama mana yang terasa lebih enak diantara Coca-Cola dan Pepsi.

Tiga orang kru meminum Pepsi dan tiga kru lainnya meminum Coca Cola. Awak STS-51F menahan hasil evaluasi wadah minuman berkarbonasi secara pribadi sampai konferensi pers pasca penerbangan pada 14 Agustus 1985, seminggu setelah mereka mendarat kembali di Bumi.

Para astronot tahu sebelum mereka meluncurkan bahwa soda itu akan berada pada suhu kamar. Delapan kaleng dimasukkan ke dalam Challenger dalam keadaan dingin, tetapi tanpa lemari es, tidak ada cara untuk membuatnya tetap dingin.

Dari percobaan yang dilakukan, diketahui suhu tidak menjadi masalah. Kru mengatakan rasa dari minuman mengejutkan, seperti yang diharapkan dan tidak ada yang salah.

Kedua kaleng minuman soda itu berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika dibuka, kaleng tidak meledak atau semacamnya.

Pepsi dapat mengeluarkan cairan yang lebih berbusa. Masalahnya dengan minuman berkarbonasi adalah saat Anda membuka botol di Bumi, gelembung muncul dan pergi.

“Nah, seperti yang bisa Anda bayangkan, jika tidak ada gravitasi, gelembung tidak muncul. Jadi di sini Anda dengan perut penuh minuman berkarbonasi, dengan jenis gas yang nyaman tinggal di sana,” kata Tony England, salah seorang kru yang lain.

Coca-Cola diklaim sebagai peringkat pertama dalam perang minuman luar angkasa, berdasarkan pada kru yang telah menguji kalengnya sebelum Pepsi. Perusahaan mengumumkan dalam iklan Coca-Cola adalah minuman pilihan pertama di seluruh dunia, sekarang menjadi minuman ringan pertama yang dicicipi di luar angkasa.

Coca-Cola terus mencoba mengembangkan minuman untuk para astronot. Pada 1991, perusahaan ini menerbangkan kaleng untuk misi STS-51F ke stasiun luar angkasa Rusia, Mir dengan hasil yang serupa.

Perusahaan kemudian mengubah pendekatannya, meluncurkan dua versi mesin pengeluaran berupa alat Bioprosesing cairan generik, yang dapat digunakan untuk mengisi cangkir atau botol bertekanan dengan pilihan minuman berkarbonasi Coca-Cola yang berbeda, di STS-63 pada 1995 dan STS-77 pada tahun berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement