Selasa 11 Aug 2020 16:38 WIB

Warga Beirut Gotong-Royong Bersihkan Masjid Muhammad Al-Amin

Puluhan orang membersihkan pecahan kaca dan kayu di masjid Beirut.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah
Warga Beirut Gotong-Royong Bersihkan Masjid Muhammad Al-Amin
Foto: REUTERS/AZIZ TAHER
Warga Beirut Gotong-Royong Bersihkan Masjid Muhammad Al-Amin

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Sekitar 50 orang nampak melakukan pembersihan di Masjid Muhammad Al-Amin yang paling terkenal di Beirut, Ibu Kota Lebanon pascaledakan pekan lalu. Masjid yang terkenal juga sebagai Masjid Biru itu mengalami kerusakan parah.

Dalam video yang diunggah ABC, Senin (10/8), terlihat puluhan orang membersihkan pecahan kaca dan kayu. Sayangnya, video hanya menyorot bagian dalam masjid saja. Namun, dapat terlihat struktur masjid tetap kukuh tak mengalami kerusakan berarti. Bagian tiang dalam, dinding, dan mimbar juga terlihat utuh.

Baca Juga

Dampak kerusakan paling parah ialah pecahan kaca yang berhamburan di seluruh bagian Masjid. Mereka yang melakukan pembersihan nampak hati-hati agar tak terluka akibat pecahan kaca dengan mengenakan sepatu. Mereka bahu-membahu mengangkut puing dan pecahan kaca agar masjid kembali bersih.

Warga yang membersihkan masjid tak lupa menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, dan pakai sarung tangan. Mereka nampak tak saling berkumpul di satu titik. Belum ada informasi kapan masjid itu dapat digunakan lagi buat beribadah.

Lebanon memiliki sejumlah tempat wisata religi yang patut untuk dikunjungi. Tempat wisata religi di Lebanon ini juga mempunyai sejarah sendiri yang dapat dinikmati pengunjung. Salah satunya, Masjid Al-Amin yang letaknya tak jauh dari pusat perkotaan sehingga dapat dijumpai dengan mudah. Masjid itu tercatat sebagai yang terbesar sekaligus sarat sejarah di Lebanon. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement