Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Jokowi Targetkan Vaksin Bio Farma Selesai Januari 2021

Selasa 11 Aug 2020 13:01 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Presiden Joko Widodo  saat meninjau fasilitas produksi dan pengemasan Vaksin COVID-19 di PT Bio Farma (Persero) Bandung.

Presiden Joko Widodo saat meninjau fasilitas produksi dan pengemasan Vaksin COVID-19 di PT Bio Farma (Persero) Bandung.

Foto: Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Jokowi berharap vaksin Bio Farma dan Sinovac dapat selesai dalam enam bulan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung pelaksanaan uji coba penyuntikan vaksin pertama terhadap 1.620 relawan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/8). Jokowi berharap, uji klinis tahap tiga vaksin hasil kerja sama antara PT Bio Farma dengan perusahaan bioteknologi asal China, Sinovac ini dapat selesai dalam enam bulan.

Jokowi juga menargetkan, produksi massal vaksin ini sudah dapat dilakukan pada Januari 2021 nanti sehingga dapat segera diberikan kepada seluruh masyarakat.

“Kita berharap uji klinis yang ketiga ini nantinya Insya Allah akan diselesaikan dalam enam bulan ini. Kita harapkan nanti di bulan Insya Allah di bulan Januari, kita sudah bisa memproduksi dan sekaligus juga, kalau produksinya sudah siap langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air,” ujar Jokowi saat konferensi pers.

Jokowi mengatakan, sebanyak 100 juta vaksin akan diproduksi oleh Bio Farma pada bulan ini dan jumlah produksi akan meningkat hingga 250 juta vaksin pada Desember 2020 nanti.

“Artinya vaksin inilah nanti yang akan digunakan untuk vaksinasi di Tanah Air,” ucapnya.

Presiden pun mengaku optimistis Indonesia dapat segera menemukan vaksin covid-19 dan diproduksi massal untuk digunakan oleh seluruh masyarakat.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA