Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Prodi Agama Jalur PTKIN Masih Diminati

Senin 10 Aug 2020 01:30 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Prodi Agama Jalur PTKIN Masih Diminati. Foto ilustrasi: Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Prodi Agama Jalur PTKIN Masih Diminati. Foto ilustrasi: Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Foto: Yusuf Assidiq.
PTKIN untuk prodi agama masih diminati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Mahmud, mengatakan, calon mahasiswa masih memiliki minat yang baik terhadap prodi agama jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Prodi agama menjadi salah satu pilihan yang masih dipilih.

Hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah presentase pilihan prodi tersebut pada tahun ini dibandingkan tahun lalu. Mahmud menjabarkan, tahun ini jumlah calon mahasiswa yang memilih prodi-prodi agama maupun umum berjumlah 135 ribu orang. Jumlah itu naik jika dibandingkan data tahun lalu terhadap prodi agama dan umum sebanyak 122 ribu.

Baca Juga

“Tahun ini pilihan terhadap prodi agama peminatnya lebih banyak dari tahun kemarin. Jumlahnya meningkat,” kata Mahmud saat dihubungi Republika, Jumat (7/8).

Meski secara jumlah meningkat, namun dia mengakui bahwa jika dibandingkan persentase dengan pilihan prodi umum, prodi agama masih lebih rendah peminatnya. Berdasarkan catatannya, peminat prodi umum masih di angka 55 persen sedangkan peminat prodi agama baru 45 persen.

Meski demikian pihaknya menyebut, baik prodi agama maupun prodi umum yang disediakan dalam jalur SPAN PTKIN keduanya memiliki peminat yang meningkat di tahun ini. Artinya, kata Mahmud, antusias masyarakat dan para calon mahsiswa kian besar terhadap PTKIN.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA