Ahad 09 Aug 2020 04:19 WIB

Barcelona Pastikan Tempat di Perempat Final Liga Champions

Barcelona menaklukkan Napoli 3-1 dan unggul agregat 4-2.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pemain Barcelona Clement Lenglet (kedua kanan) merayakan golnya ke gawang Napoli di LIga Champions.
Foto: EPA-EFE/Enric Fontcuberta
Pemain Barcelona Clement Lenglet (kedua kanan) merayakan golnya ke gawang Napoli di LIga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona akhirnya bisa memastikan satu tempat di babak perempat final Liga Champions musim ini. Tim asal Katalunya itu membungkam tamunya Napoli 3-1 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Ahad (9/8) dini hari WIB. Barcelona lolos dengan agregat 4-1 setelah hasil imbang 1-1 pada leg pertama.

Pada babak perempat final, Lionel Messi dan kawan-kawan sudah ditunggu Bayern Muenchen. Muenchen melangkah ke babak perempat final dengan menyingkirkan Chelsea dengan agregat 7-1 setelah menang 4-1 pada laga yang digelar bersamaan. 

Baca Juga

Jalannya laga

Barcelona tampil taktis pada laga ini. Tapi peluang pertama justru mampu didapatkan tim tamu. Mendapatkan sodoran umpan terobosan di dalam kotak penalti Barca, Driers Merten melepaskan tendangan. Sayangnya, bola hasil sepakan penyerang asal Belgia itu hanya membentur tiang gawang. 

Barcelona akhirnya membuka skor pada menit ke-11. Bek tengah asal Prancis, Clement Lenglet, menanduk bola hasil tendangan penjuru yang dieksekusi Ivan Rakitic. Sundulan keras Lenglet dari dalam kotak penalti tak mampu dihalau oleh David Ospina. 

Sejumlah penggawa Napoli sempat memprotes gol tersebut lantaran Lenglet terlihat mendorong salah satu pemain Napoli sebelum akhirnya menanduk bola. Namun, setelah melakukan komunikasi dengan petugas Video Assistant Referee (VAR), wasit tetap mengesahkan gol Barcelona tersebut.

Pada menit ke-24, Lionel Messi menunjukan magisnya. Merangsek dari sisi kiri pertahanan Napoli, peraih enam gelar Ballon d'Or itu mencoba melewati tiga pemain I Partenepoi. Messi pun sempat terjatuh, tapi masih bisa bangkit, dan langsung melepaskan tendangan melengkung ke arah kanan gawang Napoli. Bola hasil tendangan Messi tidak mampu terjangkau Ospina dan mendarat mulus ke gawang tim tamu. Blaugerana pun kian menjauh dari Napoli kejaran Napoli, dengan aggregat, 3-1.

Dengan keunggulan dua gol dan aggregat 3-1, Barcelona tampil dengan lebih nyaman. Bahkan, pada menit ke-30, tim tuan rumah kembali mencetak gol. Messi, yang menerima umpan dari Frenkie de Jong, berhasil menahan bola dengan dada tepat di depat mulut gawang Napoli. Dengan mudah, Messi mengangkat bola dan melewati adangan Ospina. Namun, wasit menganulir gol tersebut lantaran Messi dinilai telah melakukan handball saat menerima bola dari De Jong.

Barcelona tetap mampu menambah torehan gol. Penyerang asal Uruguay, Luis Suarez, sukses mengeksekusi tendangan penalti pada menit ke-45. Blaugrana mendapatkan hadiah penalti setelah bek tengah Napoli, Kalidou Koulibaly, melakukan pelanggaran keras terhadap Messi. 

Upaya Napoli untuk merobek gawang Barcelona akhirnya mendapatkan hasil. Pelanggaran Ivan Rakitic terhadap Mertens pada injury time membuat wasit menunjuk titik putih. Lorenzo Insigne, yang ditunjuk sebagai algojo tendangan penalti tersebut, mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Gol itu sekaligus menandai berakhirnya babak pertama.

Pada babak kedua, Napoli langsung mengambil inisiatif serangan. Dengan mengandalkan operan-operan cepat yang langsung tertuju ke mulut gawang, Napoli berusaha membobol pertahanan tim tuan rumah. Bahkan, menit ke-75, Napoli tercatat melepaskan 15 tembakan ke arah gawang. Namun, semua upaya I Partenopei itu selalu berakhir di kokohnya tembok pertahanan Blaugrana, yang digalang Lenglet dan Gerard Pique. Pun dengan kesigapan kiper Barcelona, Mar Andre Ter Stegen, dalam mementahkan setiap tembakan para penggawa I Partenopei.

Memasuki 10 menit akhir laga, pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, mencoba memberikan penyegaran pada permainan anak-anak asuhnya dengan melakukan dua pergantian pemain sekaligus. Arkadiusz Milik masuk menggantikan Lorenzo Insigne dan Eljif Lemas mengisi tempat Fabian Ruiz. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga, tidak ada gol yang tercipta. Barcelona pun berhak melangkah ke babak perempat final Liga Champions.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3)

Pelatih: Quique Setien

Kiper: Ter Stegen; 

Belakang: Semedo, Pique, Lenglet, Jordi Alba; 

Tengah: Sergi Roberto, Rakitic, De Jong;

Depan: Messi, Suarez, Griezmann

 

Napoli (4-3-3)

Pelatih: Gennaro Gattuso

Kiper: Ospina; 

Belakang: Di Lorenzo, Manolas, Koulibaly, Mario Rui; 

Tengah: Fabian Ruiz, Demme, Zielinski;

Depan: Callejon, Mertens, Insigne

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement