Jumat 07 Aug 2020 11:59 WIB

Pasar Mobil Bekas Diprediksi Pulih Tiga Bulan ke Depan

Pada Juni 2020, penjualan mobil bekas berangsur normal.

Pasar Mobil Bekas Diprediksi Pulih Tiga Bulan ke Depan
Foto: Prayogi/Republika
Pasar Mobil Bekas Diprediksi Pulih Tiga Bulan ke Depan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar mobil bekas berangsur pulih dan diprediksi akan membaik dalam tiga bulan ke depan setelah mengalami penurunan karena pandemi Covid-19, menurut data platform penjualan mobil bekas OLX.

“Kami optimistis pasar mobil bekas akan membaik dalam tiga bulan ke depan, berdasarkan hasil riset kami dalam whitepaper bertajuk Pasar Mobil Bekas Indonesia di Era New Normal yang belum lama ini kami luncurkan, menunjukkan bahwa sebagian besar permintaan penjualan mobil sebenarnya tidak hilang, melainkan tertunda," ujar Direktur Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman dalam siaran pers, Jumat (7/8).

Baca Juga

Dilansir dari data OLX Indonesia, rata-rata jumlah pencari mobil di platform OLX sempat menurun pada pemberlakuan PSBB, April lalu. Namun pada Juni 2020, penjualan mobil bekas berangsur normal yakni di kisaran 80 persen.

Data tersebut menunjukkan total pencari mobil bekas di Juni 2020 naik sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan April 2020 saat PSBB diterapkan. Sementara itu dari sisi penawaran (listing) mobil bekas di platform OLX.co.id, jumlah listing di Juni 2020 juga mengalami peningkatan sekitar 35 persen dibandingkan bulan Mei 2020.

Optimisme pulihnya pasar mobil bekas juga diungkapkan berulang kali oleh OLX Autos sebuah platform layanan jual mobil online yang merupakan bagian dari OLX Group. "Apalagi preferensi konsumen cenderung memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum, hal ini agar lebih mudah menjaga kebersihan dan kesehatan diri dengan lebih cermat. Pelanggan juga cenderung memilih mobil bekas dikarenakan realokasi dana untuk kepentingan lain di era new normal ini,” ujar Ichmeralda.

Melihat animo masyarakat yang berangsur membaik terhadap pasar mobil bekas sekaligus menyemarakkan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus, OLX Autos pun menggelar Program Auto Cashback Rp 1,7 Juta. "Program Auto Cashback 1.7 Juta ini berlaku khusus untuk konsumen yang menjual mobilnya dalam periode 6-20 Agustus 2020 melalui home inspection dan inspection center OLX Autos yang tersebar di 7 kota yakni Jabodetabek, Bandung, Medan, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Bali," kata dia.

Ia menambahkan program itu langsung diberikan untuk setiap penjualan mobil di OLX Autos dalam periode tersebut dengan minimal transaksi Rp 100 juta. Selain itu, seluruh konsumen yang pernah menjual mobilnya lewat OLX Autos juga berkesempatan mendapatkan Auto Cashback Rp 1,7 juta dengan cara memberikan testimoni dan unggahan di akun Facebook dan/atau Instagram masing-masing, serta berikan tagar #auto17an. Lima orang pemenang akan dipilih setiap minggunya berdasarkan isi testimonial yang paling menarik.

“Kami harap kegiatan ini semakin menggelorakan minat konsumen di pasar mobil bekas dan semakin mendorong pemulihan pasar mobil bekas ke arah yang semakin baik,” ujar Ichmeralda.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement