Jumat 07 Aug 2020 05:45 WIB

Penjualan Mobil di AS Mulai Naik

Penjualan Honda dan Toyota di AS masih lesu.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Mobil (ilustrasi)
Foto: AP Photo/David Zalubowski
Mobil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pandemi corona menekan penjualan otomotif di Amerika Serikat (AS). Setelah beberapa bulan mengalami penurunan penjualan, akhirnya Juli 2020 jadi momen pertama kalinya ada peningkatan penjualan setelah pandemi.

Dilansir dari Car and Driver pada Kamis (6/8), beberapa pabrikan yang mengalami peningkatan penjualan pada Juli 2020 diantaranya adalah Hyundai, Volvo dan Mazda. Hyundai sendiri mengalami kenaikan 1 persen dibanding Juli 2019 dan ini jadi peningkatan pertama sejak Februari.

Baca Juga

Sedangkan Mazda naik sekitar 3 persen dan Volvo naik 10 persen. Di satu sisi, masih ada sejumlah pabrikan yang mengalami penurunan penjualan seperti Honda dan Toyota.

Peningkatan yang dialami oleh Hyundai ditopang oleh penjualan produk sport utility vehicle. Sebelumnya, pabrikan Korea ini sempat turun sekitar 13 hingga 43 persen mulai Maret hingga Juni.

Kemudian pengingkatan yang dialami oleh Mazda pun ditopang oleh penjualan produk SUV. Salah produk terlaris saat ini adalah Mazda CX-30. Selain itu, penjualan Mazda juga masih ditopang oleh produk CX-5.

Hal serupa pun dialami oleh Volvo. Sejumlah produk SUV dari pabrikan Swedia itu berhasil terjual hingga 9.600 unit sepanjang Juli 2020. Tentu, kenaikan 10 persen jadi angin segar setelah sebelumnya mengalami masa yang sulit.

Di satu sisi, penurunan penjualan yang dialami Honda dan Toyota masing-masing adalah sebesar 20 persen dan 21 persen. Sepanjang Juli, penjualan Honda pun ditopang oleh produk SUV. Beberapa line up yang berkontribusi signifikan dalam pasar AS adalah Honda HR-V dan Pilot.

Kemudian, meski Toyota mengalami penurunan penjualan secara keseluruhan, tetapai terdapat beberapa produk yang penjualanya berhasil terdongkrak. Beberapa produk yang mengalai peningkatan penjualan adalah Toyota Supra dan beberapa line up hybrid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement